Langgam.id - Seorang YouTuber asal Sumatra Barat (Sumbar) bernama Shanty, baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.
Ibu dua anak yang memiliki channel YouTube bernama Shanty di China ini, dinilai turut memperkenalkan kuliner atau masakan Indonesia di Tiongkok.
Diketahui, Shanty sudah 15 tahun tinggal di China karena sang suami merupakan warga Negara Tirai Bambu tersebut. Kontennya selalu berisikan tentang kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.
Kuliner-kuliner yang dia buat tersebut kemudian diperkenalkan ke masyarakat di China, khususnya di daerah Dandong, dengan cara menjualnya menggunakan food truck di pinggir jalan.
Masakan khas Indonesia yang dijualnya pun laris dan disukai masyarakat China. Seperti, bakwan, tempe mendoan, soto ayam, risol, pentol bakso, rendang, sate ayam, kwetiau goreng, nasi goreng, mie ayam, pisang goreng dan lainnya.
Atas usahanya memperkenalkan kuliner Indonesia di China ini, Shanty pun mendapatkan perhatian langsung Menparekraf Sandiaga Uno. Sandiaga pun memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan wanita yang sempat bekerja di sebuah restoran di Jakarta tersebut.
"Kerennn! Terima kasih kepada Shanty yang sudah mengenalkan kuliner khas Indonesia di Tiongkok. Sesuai dengan tujuan program Indonesia Spice Up The World, saya berharap semoga kuliner dan rempah khas Indonesia makin mendunia," tulis Sandiaga di akun Instagramnya @sandiuno yang dikutip pada Kamis (20/7/2023).
Lewat postingan di Instagramnya, @shanty3182, Shanty pun mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Menparekraf Sandiaga Uno tersebut.
"Terima kasih banyak kepada Pak Sandiaga Uno dan CreativeByIndonesia yang telah mendukung saya dengan mengupload postingan ini," tulis Shanty.
"Saya sungguh senang dan sangat mengapresiasi dukungan yang telah diberikan Bapak Sandiaga Uno, CreativeByIndonesia serta teman-teman yang sudah membagikan link postingan ini kepada saya. Terima kasih banyak semuanya," sambung Shanty lagi.
Saat ini, kanal YouTube Shanty di China sudah memiliki 923 ribu subscriber. Beberapa videonya ada yang ditonton hingga jutaan kali. Malahan di antaranya ada yang sempat trending di YouTube.
Dilihat dari kanal YouTubenya, masakan Indonesia yang diperkenalkan Shanty di China berbeda setiap harinya. Sehingga masyarakat China bisa mencicipi berbagai kuliner Indonesia yang berbeda setiap harinya. (yki)