Peringati Hari Santri, Wako Padang Panjang Bicara Kemampuan Pesantren Hadapi Covid-19

Peringati Hari Santri, Wako Padang Panjang Bicara Kemampuan Pesantren Hadapi Covid-19

Ilustrasi santri. (Dok. Pemko Padang Panjang)

Langgam.id - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran menjadi inspektur ucapara dalam peringatan Hari Santri Nasional ke-VI tahun 2020 yang diadakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman (MAKMM). Fadly berharap moment hari santri ini menjadi motivasi bagi para santri untuk bertahan di tengah pandemi covid-19.

" Saya yakin jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi covid-19 ini dengan baik, Inshaallah negara kita akan sehat dan kuat," kata Fadly saat upacara itu, Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, keseharian dan pola komunikasi santri yang terbiasa tidak berjarak adalah komunikasi yang Islami, unik dan khas, namun di masa pandemi, hal itu rentan terhadap penularan covid-19.

" Akan tetapi tidak dapat dipungkiri pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan dampak pandemi Covid-19 menjadi bukti nyata pesantren memiliki kemampuan ditengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya," kata nya.

D lokasi berbeda, Wakil Walikota Padang Panjang, Asrul, menjadi pembina upacara dalam peringatan Hari Santri ke VI Tahun 2020 di Halaman Perguruan Diniyyah Puteri. Dia mengingatkan agar para santri tetap giat menuntut ilmu di tengah pandemi yang belum berakhir.

"Meskipun demikian, itu bukan berarti menyurutkan kita untuk tetap berikhtiar dan menjalankan kewajiban sebagai umat beragama, dan tentunya tetap patuh terhadap protokol yang ada," sebut Asrul.

Untuk diketahui, Padang Panjang merupakan daerah yang berada dalam zona oranye (zona resiko sedang) penyebaran covid-19. Total pasien positif di Padang Panjang mencapai 269 orang, dan sudah dinyatakan sembuh 153 orang. (Tasya/ABW)

Baca Juga

Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) diterjang banjir bandang pada Satu (11/5/2024) lalu. Salah satunya melanda Kota Padang Panjang.
Kerugian Material Capai Rp5 M, Ini Dampak Bencana Banjir Bandang di Padang Panjang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Banjir di Kota Padang Panjang: 1 Orang Ditemukan Selamat, 2 Masih Hilang
Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga Bawang di Padang Panjang Turun
Harga bawang merah di Padang Panjang turun pada minggu pertama Mei ini. Harga bawang turun dari dari Rp52.167 per kg menjadi Rp51.000/kg.
Pasokan Bertambah, Harga Bawang Merah di Padang Panjang Turun