Peringati Hari Santri, Wabup Pasbar: Memperingati Jasa Pejuang Islam

Langgam.id - Wakil Bupati (Wabup) Pasbar, Risnawanto menghadiri peringatan Hari Santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadits.

Memperingati Hari Santri di Ponpes Darul Hadits Pasaman Barat. [Foto: Dok. Diskominfo Pasbar]

Langgam.id - Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto menghadiri peringatan Hari Santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadits, Nagari Enam Koto Selatan, Kecamatan Kinali, Jumat (21/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Risnawanto menyebutkan, ditetapkannya Hari Santri oleh Presiden RI, Joko Widodo dikarenakan pemerintah menyadari dan memandang arti penting peran santri dalam kehidupan.

Kaum kiai dan santri, kata Risnawanto, turut serta berjuang melawan penjajah dan memerdekaan negara Indonesia.

"Hari besar ini sesungguhnya sudah ada sejak Indonesia merdeka. Sebab pejuang islam turut memerdekaan perjuangan Indonesia kita ini. Ini menjadi landasan presiden menetapkan hari santri ini secara nasional. Hari memperingati jasa Pejuang Islam," ujar Risnawanto dikutip dari rilis resmi Diskominfo Pasbar, Jumat (21/10/2022).

Lalu, kepada para santri, Risnawanto berpesan agar fokus dan rajin belajar. Ia berharap, agar para santri itu dapat mewujudkan cita-cita hingga sukses dunia akhirat dengan ilmu agama yang sudah dimiliki.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Santri Ponpes Darul Hadist, Juniarto menyebutkan, Ponpes Darul hadits telah melaksanakan beberapa lomba dalam memperingati Hari Santri tahun 2022, di antaranya Hafalan Hadist, bacaan Kitab Kuning, lomba Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ), lomba Cerpen Islami, dan lomba Futsal.

Ia menegaskan, lomba yang diadakan bukanlah untuk mencari pemenang saja namun untuk menjalin silaturrahmi antar santri.

Baca juga: Peringati Hari Santri, Menag: Saya Yakin Pesantren Bisa Lewati Pandemi dengan Baik

"Kegiatan kita pada hari ini adalah kegiatan penutupan. Sebelum penutupan ini, kita sudah melakukan beberapa agenda. Kita memulai lomba dari hari Rabu lalu tanggal 19, seperti hafalan hadist juga sudah didapatkan pemenangnya. Bacaan kitab kuning, MSQ sudah final pada kamis kemaren. Lomba cerpen islami sengaja dilombakan sebagai pedoman hidup, bahwa santri mampu membaca cerpen dengan baik. Terakhir, juga ada lomba futsal yang diikuti santri dari Pasbar dan Agam," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mendatangi warga pendemo dari Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, di Masjid Raya Sumatra Barat,
Didatangi Wabup Pasbar, Warga Air Bangis Menolak Pulang Sebelum Ada Solusi
Masyarakat Air Bangis tetap melanjutkan aksi dan tuntutannya walaupun diguyur hujan lebat, Selasa (1/8/2023). Hujan mengguyur Kota Padang
BREAKING NEWS: Warga Air Bangis Lanjutkan Aksi Meski Diguyur Hujan Lebat
Masyarakat Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, yang melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur, melayangkan delapan tuntutan
Ini Tuntutan Masyarakat Air Bangis Kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar
Korban Kapal Tenggelam di Pasaman Barat Ditemukan Sudah Meninggal
Korban Kapal Tenggelam di Pasaman Barat Ditemukan Sudah Meninggal
Badai Hantam 2 Kapal Bagan di Air Bangis, 18 Nelayan Dievakuasi dari Laut
Badai Hantam 2 Kapal Bagan di Air Bangis, 18 Nelayan Dievakuasi dari Laut