Perempuan Pemulung di Parak Gadang Padang Dibantu Andre Rosiade

Langgam.id-Andre Rosiade

Pengurus Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade kepada keluarga Farida di Parak Gadang, Padang Timur. [foto: Ist]

Langgam.id - Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Zulkifli (wakil sekretaris) dan Rina Shintya (wakil bendahara) memberikan bantuan uang tunai dan sembako dari Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade kepada Farida (57).

Farida dan anaknya Dede Afni (19), tinggal di rumah sederhana di Jalan Parak Gadang, Ganting Parak Gadang, Padang Timur, Kota Padang. Rumahnya masih belum dipasangi aliran listrik.

Untuk makan sehari-hari pun, Farida harus berkeliling menjadi pemulung. Sejak suaminya meninggal beberapa tahun lalu, Farida yang kondisi kesehatannya kurang baik tetap tegar membesarkan anaknya.

Bahkan, anaknya sudah tamat SMA dua tahun lalu. Sayang, karena ada pembayaran yang tertunggak, sampai sekarang ijazahnya belum kunjung diambil di salah satu SMA swasta di Kota Padang.

Dede Afni mengungkapkan, ia ada keinginan untuk bekerja, tapi ijazah tidak ada.

"Tak enak seperti sekarang ini, ibu memulung hasilnya tak banyak. Lebih banyak dari kasihan orang saja karena sudah tua tetap berjalan mencari barang bekas. Tapi untuk bekerja, ijazah saya belum bisa diambil,” ujar Dede Afni saat didatangi pengurus DPD Gerindra Sumbar dan PAC Gerindra Padang Timur ke rumahnya.

Bahkan, dari cerita Farida yang terbata-bata didampingi anaknya, sekitar 25 tahun lalu anak pertamanya diculik orang di depan rumah.

“Kakak saya katanya diculik saat ditinggal di depan rumah. Mungkin karena itu ibu agak murung dan kadang seperti tidak stabil,” ucap Dede yang berharap ada yang membantu mengambilkan ijazahnya dan memasangkan listrik PLN di rumah mereka.

Dede Afni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Andre Rosiade yang telah memberikan bantuan kepada keluarganya. Sebab akan sangat membantu untuknya dan ibunya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami hidup di perkotaan tapi rumah belum masuk listrik. Kami juga sangat ingin dibantu pemasangan listrik karena tidak ada biaya. Semoga kami dibantu juga masuk listriknya, dari para donator,” harap Dedi Afni.

Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida menjelaskan, pihaknya dapat informasi keluarga Farida dari Ketua PAC Gerindra Padang Timur, Syahrul Ridha.

"Kami cek ke lokasi, dan sangat layak dibantu. Untuk ijazah dan listrik, nanti kami bicarakan lagi,” ujar Nurhaida.

Ketua PAC Padang Timur Syahrul Rida  juga menyampaikan terima kasih kepada Andre Rosiade yang membantu warga Parak Gadang yang kesusahan.

Ia mendapatkan data dari para kader Gerindra dan menyampaikannya kepada tim Gerindra Sumbar yang akhirnya turun atas instruksi Ketua DPD Andre Rosiade.

Syahrul menyebutkan, untuk masalah listrik dan ijazah SMA anak yang ditahan sekolah, mereka telah membicarakannya dengan pihak RT dan RW setempat.

Baca juga: Keluarga Tukang Cuci di Air Manis Padang Dibantu Andre Rosiade

“Kita akan carikan jalan bersama, agar keluarga bu Farida bisa lebih baik. Kalau sudah ada listrik dan ijazah anak didapat, bisa mencari kerja,” beber Syahrul.

Terpisah, Andre Rosiade mengaku prihatin dengan kondisi Farida dan anaknya untuk bertahan hidup. Andre mendoakan, semoga dengan bantuan yang diberikan, bisa meringankan beban keluarga pemulung itu.

“Kami doakan sehat selalu, dan bantuan ini mungkin tahap pertama. Semoga masih ada bantuan-bantuan berikutnya untuk bu Farida dan warga Padang Timur,” ujar ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Andre Rosiade Dorong Rapat Gabungan DPR Bahas Nasib Vaksin Gotong Royong
Andre Rosiade Dorong Rapat Gabungan DPR Bahas Nasib Vaksin Gotong Royong
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Berbincang di Tanah Suci: Khalid Basalamah Beri Andre Rosiade Lima Saran
Berbincang di Tanah Suci: Khalid Basalamah Beri Andre Rosiade Lima Saran
Andre Rosiade Daftar Jadi Waketum PSSI
Andre Rosiade Daftar Jadi Waketum PSSI