Penyelundupan Kulit Harimau Sumatra Digagalkan, Rencana Dikirim ke Jakarta

Penyelundupan Kulit Harimau Sumatra Digagalkan, Rencana Dikirim ke Jakarta

Kulit Harimau Sumatra yang direncanakan akan dikirim ke Jakarta melalui BIM (Irwanda/langgam.id)

Langgam.id - Upaya penyeludupan kulit Harimau Sumatra berhasil digagalkan oleh Petugas Keamanan Penerbangan (Aviation Security) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Jumat (12/7/2019) lalu, sekitar pukul 20.30 WIB.

Keberadaan kulit satwa dilindungi yang berada dalam sebuah paket tak bertuan itu, diketahui saat terdeteksi mesin detector (X-ray) di Terminal Kargo BIM. Paket tersebut direncanakan akan dikirim ke Jakarta.

Paket berupa bungkusan kado itu ternyata tidak sesuai dengan tampilan yang tertulis di dokumen pengiriman. Memang di dalam ada satu bungkus makanan berupa kerupuk. Namun mesin X-ray mendeteksi adanya makhluk hidup di dalam bungkusan itu.

"Tampilan di X-ray menunjukan bahwa isi paket berupa makluk hidup, berupa hewan. Hal itu ditandai dengan warna yang ditampilkan untuk paket itu," kata Asisten Manager Keamanan Penerbangan BIM Ahmad Hisyam kepada wartawan di Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Selasa (16/7/2019).

Mendapati barang mencurigakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang. Lantas, paket tersebut dibuka secara manual dan ternyata isinya kulit harimau sumatra.

"Paket ini dikirim melalui ekspedisi melewati Terminal Kargo. Dimasukan ke dalam kotak kardus kemudian dibalut bungkusan kado. Di dalamnya ada satu helai kulit harimau utuh dan satu bungkus makanan berisi kerupuk," katanya.

Untuk proses tindaklanjut, pihaknya menyerahkan kulit harimau sumatra tersebut kepada Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang. Setelah itu, dilakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar.

"Kami pengelola Bandara sangat mensuport terkait peraturan undang-undang. Jika ada indikasi pengiriman atau produk melanggar aturan, kami selalu koordinasi dengan Karantina," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang Eka Darnida Yanto mengatakan, pihaknya telah menyerahkan barang bukti (BB) satu kulit harimau sumatra ke BKSDA. Penyerahan tersebut dilakukan setelah rapat koordinasi dan kemudian akan dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan.

"Teman-teman BKSDA akan melakukan pengusutan. Kami juga akan melakukan penyelidikan terkait kasus ini. Hari ini yang jelas kulit harimau sumatra kami serahterimakan ke BKSDA," katanya. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Selama periode Angkutan Udara Lebaran yang dimulai dari 3 April 2024 (H-7) hingga 8 April 2024 (H-2 lebaran), BIM sudah melayani 42.676
Hingga H-2 Lebaran, BIM Sudah Layani 42.676 Penumpang yang Datang
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman kembali dibuka setelah sempat ditutup akibat sebaran abu vulkanik dari Gunung.
BIM Kembali Dibuka, Aktivitas Penerbangan Normal Lagi
Akses menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) melalui jembatan kembar, dekat flyover, sudah bisa dilewati kendaraan.
Akses Menuju BIM Melalui Jembatan Kembar Sudah Bisa Dilewati Kendaraan
Pihak Bandara Internasional Minangkabau menyediakan dua unit free shuttle bus dari Jembatan Batang Anai ke BIM atau sebaliknya.
Jembatan Batang Anai Ditutup, BIM Sediakan 2 Free Shuttle Bus untuk Jemput Penumpang
Akses menuju BIM melalui jembatan kembar, dekat flyover, ditutup sementara. Penutupan ini akan dilakukan dua hingga tiga hari ke depan.
Akses Menuju BIM Via Jembatan Kembar Ditutup Sementara, Ini Jalur Alternatif
BIM di Padang Pariaman, Sumatara Barat (Sumbar) ditutup sementara pada Kamis (29/2/2024) akibat dampak dari erupsi Gunung Marapi.
BIM Kembali Ditutup karena Abu Vulkanik Gunung Marapi