Penumpang KA Minangkabau Ekspres Kini Bisa Pilih Tempat Duduk

Langgam.id - Kabar gembira bagi para pengguna setia Kereta Api (KA) Minangkabau Ekspres! PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) terus berinovasi meningkatkan kualitas layanan dengan menghadirkan fitur pemilihan tempat duduk saat pemesanan tiket. Kebijakan ini mulai berlaku sejak Februari 2025 untuk rute Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) - Stasiun Pulau Aie PP.

"Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan perjalanan pelanggan menjadi lebih nyaman, tertib, dan terorganisir," ungkap Kahumas KAI Divre II Sumbar, M. As'ad Habibuddin, Rabu (6/3/2025)

"Penumpang KA Minangkabau Ekspres yang sudah memesan tiket jauh-jauh hari, tidak perlu khawatir lagi tidak kebagian tempat duduk saat keberangkatan," sebutnya.

Sebelumnya, penumpang KA Minangkabau Ekspres dapat duduk di tempat duduk mana saja karena belum tersedia menu pemilihan tempat duduk saat pemesanan tiket. Kini, penumpang dapat memilih tempat duduk favorit mereka saat memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau di loket stasiun.

"Kami mengimbau kepada seluruh penumpang KA Minangkabau Ekspres untuk duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket atau e-ticket. Jika tempat duduknya telah ditempati orang lain, penumpang dapat langsung menegur atau menghubungi petugas untuk mendapatkan bantuan mediasi," tambah As'ad.

KA Minangkabau Ekspres, yang terdiri dari 4 kereta dengan kapasitas 200 tempat duduk dan 100 penumpang berdiri, melayani 12 perjalanan setiap harinya. Waktu tempuh Padang – BIM hanya sekitar 45 menit, dengan jadwal keberangkatan yang fleksibel mulai pukul 06.18 WIB hingga 20.30 WIB.

Selain fitur pemilihan tempat duduk, KA Minangkabau Ekspres juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti fasilitas bagi penyandang disabilitas, pendingin udara (AC), toilet yang bersih, rak bagasi yang luas, dan monitor informasi.

KA ini berhenti di 8 stasiun, yaitu stasiun Pulau Aie, Tarandam, Padang, Alai, Air Tawar, Tabing, Duku, dan Stasiun BIM.

Kepercayaan masyarakat terhadap KA Minangkabau Ekspres terus meningkat. Pada periode Januari hingga Februari 2025, jumlah penumpang mencapai 53.234 orang, mengalami kenaikan sebesar 18% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2024.

"Kepercayaan masyarakat terhadap KA Minangkabau Ekspres terus meningkat. Kami akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan," pungkas As'ad.

Dengan berbagai peningkatan layanan dan fasilitas yang ditawarkan, KA Minangkabau Ekspres menjadi pilihan transportasi yang semakin nyaman dan terpercaya bagi masyarakat Sumatera Barat. (*/Fs)

Baca Juga

Smoking Cessation Challenge, KAI Sumbar Lakukan Penyuluhan Kesehatan Paru hingga Screening Kadar CO2
Smoking Cessation Challenge, KAI Sumbar Lakukan Penyuluhan Kesehatan Paru hingga Screening Kadar CO2
Meriahkan Pawai Telong Telong HJK Padang ke-356, KAI Sumbar Tampilkan Replika Mak Itam
Meriahkan Pawai Telong Telong HJK Padang ke-356, KAI Sumbar Tampilkan Replika Mak Itam
Sinergi KAI dan ICCN di Padang: Kereta Api Jadi Panggung Budaya Minangkabau
Sinergi KAI dan ICCN di Padang: Kereta Api Jadi Panggung Budaya Minangkabau
Perluas Jangkauan Layanan, KA Lembah Anai Kembali Layani Penumpang Hingga BIM
Perluas Jangkauan Layanan, KA Lembah Anai Kembali Layani Penumpang Hingga BIM
Jangan Abaikan Rambu, KAI Sumbar Minta Warga Utamakan Keselamatan di Perlintasan Sebidang KA
Jangan Abaikan Rambu, KAI Sumbar Minta Warga Utamakan Keselamatan di Perlintasan Sebidang KA
Semester I/2025: KAI Sumbar Layani Lebih 1 Juta Penumpang, Tumbuh 13,12 Persen
Semester I/2025: KAI Sumbar Layani Lebih 1 Juta Penumpang, Tumbuh 13,12 Persen