Pentingnya Mempertahankan Citra Tubuh Perempuan yang Sehat dan Positif di Media Massa 

Pentingnya Mempertahankan Citra Tubuh Perempuan yang Sehat dan Positif di Media Massa 

Yasmin Khalisa. (Foto: Dok. Pribadi)

Media massa memainkan peran yang sangat penting dalam pandangan masyarakat terhadap citra tubuh perempuan. Dalam era digital yang semakin maju ini, perempuan sering kali diberi tekanan untuk memenuhi standar kecantikan yang tidak realistis. Sebagai akibatnya, citra tubuh perempuan di media massa seringkali tidak sehat dan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik mereka.Standar kecantikan yang tidak realistis seperti harus berkulit putih,tinggi,mancung dan memiliki rambut yang lurus.

Oleh karena itu membangun citra tubuh perempuan yang positif di media massa dapat mendorong penerimaan diri yang lebih baik. Ketika perempuan melihat citra tubuh yang beragam dan tidak terpaku pada standar kecantikan yang sempit, mereka akan merasa lebih nyaman dan percaya diri dengan penampilan dan tubuh mereka sendiri. 

Berikut Pentingnya Memperkuat Citra Tubuh Perempuan yang Sehat

  1. Mendorong Penerimaan Diri

Perempuan sering kali mengalami kecemasan dan tekanan untuk memiliki tubuh yang sempurna, sesuai dengan standar kecantikan yang ditampilkan dalam media massa. Namun, dengan memperkuat citra tubuh perempuan yang sehat, media massa dapat mendorong perempuan untuk menerima diri mereka sendiri dan menghargai keunikan setiap individu.

  • Mempromosikan Kesehatan dan Kesejahteraan

Citra tubuh perempuan yang sehat dapat mempromosikan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan. Dengan menampilkan perempuan dengan gaya hidup sehat, media  massa dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi perempuan lainnya untuk mengadopsi perilaku hidup sehat, seperti olahraga teratur dan pola makan seimbang.

  • Membantu Mengurangi Masalah Kesehatan Mental

Tekanan untuk memenuhi standar kecantikan yang tidak realistis dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental perempuan. Dengan memperkuat citra tubuh perempuan yang sehat, media massa dapat mengurangi stres dan kecemasan yang terkait dengan penampilan fisik dan membantu meningkatkan kepercayaan diri perempuan.

Selanjutnya,Memerangi Stereotip Tidak Sehat dalam Citra Tubuh Perempuan di

Media Massa yaitu dengan Menampilkan Keragaman Tubuh

Media massa sering kali hanya menampilkan satu jenis tubuh yang dianggap sempurna, yang tidak mewakili keragaman tubuh perempuan secara keseluruhan.Penyebaran stereotip dan body shaming adalah masalah serius yang sering terjadi di media massa. Stereotip tentang tubuh perempuan dapat menyebabkan rendahnya rasa percaya diri, perasaan tidak puas terhadap tubuh sendiri, dan masalah kesehatan mental lainnya. Dengan mempertahankan citra tubuh perempuan yang positif di media massa, kita dapat mencegah penyebaran stereotip dan body shaming yang merugikan perempuan secara keseluruhan.

Langkah-langkah untuk Mempertahankan Citra Tubuh Perempuan di Media

Massa

  1. Mendukung representasi yang beragam

Salah satu langkah penting adalah mendukung representasi yang beragam dalam media massa. Hal ini melibatkan mendukung penampilan perempuan dengan berbagai bentuk tubuh, ukuran, dan warna kulit. Media massa harus mencerminkan keberagaman populasi sehingga setiap perempuan merasa dihargai dan diterima.

  • Menghindari penggunaan photoshop yang berlebihan

Perusahaan media massa harus berhati-hati dalam menggunakan photoshop untuk mengedit citra tubuh perempuan. Penggunaan photoshop yang berlebihan dapat menciptakan standar kecantikan yang tidak realistis dan menyebabkan perempuan merasa tidak puas dengan penampilan mereka sendiri. Sebagai gantinya, media massa harus mempromosikan citra tubuh yang nyata dan alami.

  • Memberikan ruang untuk narasi perempuan

Media massa harus memberikan ruang yang cukup untuk narasi perempuan tentang tubuh mereka sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada perempuan untuk berbagi cerita tentang perjalanan mereka dalam menerima tubuh mereka, tantangan yang mereka hadapi, dan pesan positif yang ingin mereka sampaikan kepada masyarakat.   

Dapat disimpulkan bahwa media massa sangat berperan aktif dalam pembentukan citra tubuh perempuan. Dapat dibuktikan dengan keadaan yang marak terjadi pada hari ini, dimana banyak para perempuan yang merasa insecure dengan dirinya sendiri karena tidak sesuai dengan standar kecantikan yang diciptakan oleh medi massa. 

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempertahankan citra tubuh perempuan di media massa yaitu, mendukung representasi yang beragam, menghindari penggunaan photoshop yang berlebihan, dan memberikan ruang narasi perempuan. Dengan dilakukannya hal hal tersebut diharapkan mampu membawa pengaruh positif bagi perempuan dalam proses penerimaan diri yang lebih baik, serta merasa nyaman dan percaya diri dengan tubuh dan penampilannya.

*Penulis: Yasmin Khalisa (Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas)

Tag:

Baca Juga

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrat) sudah mengumumkan 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2024.
Selamat! 3 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar ADWI 2024
65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024