Penjelasan Guru Besar UIN IB Padang Soal Hukum Sikat Gigi di Siang Ramadan

Berita terbaru dan terkini hari ini: Menyikat gigi di siang Ramadan tidak akan membatlkan puasa, tapi disarankan agar tidak mengerjakannya.

Ilustrasi. (Foto: Slavoljubovski/pixabay.com)

Berita terbaru dan terkini hari ini: Menyikat gigi di siang Ramadan tidak akan membatlkan puasa, tapi disarankan agar tidak mengerjakannya.

Langgam.id - Selama Ramadan dan menjalankan ibadah puasa, umat Islam akan mengalami perubahan pola rutinitas harianya, termasuk jadwal untuk sikat atau menggosok gigi.

Banyak yang bertanya, apakah di siang Ramadan menggosok atau menyikat gigi itu akan membatalkan puasa dan kapan waktu yang baik untuk meyikat gigi?

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, Asasriwarni mengatakan, bahwa menggosok atau menyikat gigi di siang Ramadan tidak akan membatalkan puasa.

Pada dasarnya, kata Asasriwarni, menggosok gigi tidak akan sampai ke tenggorokan. "Jadi tidak batal, karena tidak sampai ke tenggorokan," ujarnya kepada langgam.id, Kamis (7/3/2022).

Namun, kata Asasriwarni, jika ditakutkan dengan menggosok gigi, air akan sampai ke tenggorokan, sebaiknya hal itu tidak dilakukan.

Lalu, Asasriwarni menganjurkan, untuk waktu yang baik menggosok atau menyikat gigi itu sebelum salat subuh.

Baca juga: Mimpi Basah di Siang Ramadan Tak Membatalkan Puasa, Begini Penjelasannya

"Sebaiknya, menggosok gigi itu sebelum (salat) subuh. Itu akan lebih baik," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Sebanyak 20 mahasiswa terpilih ajang Student of Imam Bonjol Academic Community – Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024.
20 Mahasiswa UIN IB Padang Lolos SIBac-sip 2024, Bakal Berangkat ke Turki dan Australia
UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peninjauan Standar Mutu yang bertajuk “Memperkuat Standar Mutu melalui Peninjauan Standar Mutu
Tingkatkan Standar Mutu Dosen, UIN IB Padang Gelar Workshop Peninjauan Standar Mutu
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menghadiri acara buka bersama yang diadakan oleh Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Hadiri Buka Bersama Atase Agama Kedubes Arab Saudi
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati didampingi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Yasmadi dan Wakil Dekan I, Muhammad Kosim,
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UIN Imam Bonjol Padang Bakal Dirikan Labor Madrasah
UIN Imam Bonjol Padang menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di lapangan parkir Rektorat Kampus III UIN Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Hari Pendidikan Nasional
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar pembukaan Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024 pada Senin (29/4/2024) di lapangan parkir gedung Rektorat.
850 Peserta dari 7 Fakultas di UIN Imam Bonjol Padang Ikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024