Pengumuman Seleksi Bakal Calon Direksi PT Grafika Jaya

Langgam.id - PT Grafika Jaya Sumatra Barat (Sumbar) membuka seleksi bakal calon direksi untuk periode 2023-2027. Grafika merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sumbar yang bergerak di bidang percetakan, supplier, leveransir peralatan kantor serta perdagangan umum.

Berdasarkan surat Panitia Seleksi (Pansel), yang juga ditandatangani oleh ketua Pansel Wardarusmen, Grafika mencari satu orang direksi.

Adapun persyaratan umumnya, Pansel menentukan 12 syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar. Mulai dari warga negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berasal dari pejabat pemerintahan daerah Sumbar, setia dan taat kepada negara dan pemerintah, serta sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, juga ada syarat memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.

Serta juga, memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah, dan memahami manajemen perusahaan, serta juga memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha dan perusahaan.

Lebih lanjut, PT Grafika Jaya juga meminta calon direksi memiliki waktu yang cukup dalam melaksanakan tugasnya. Calon pedaftar juga harus berijazah paling rendah S-1 (strata satu) dengan melampirkan fotokopi ijazah terakhir dilegalisir.

Calon direksi harus memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang manajerial dan perusahaan bebasan hukum serta pernah memimpin tim. Calon direksi harus berusia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi berusia 55 tahun pada saat mendaftar pertama kali.

Pendaftar diminta membuat surat penyataan yang ditandatangani diatas materai 10.000 ribu.

Pendaftar harus membuat surat penyataan mengenai tidak pernah menjadi anggota direksi, anggota dewan pengawas, atau anggota komisaris yang dinyatakan bersalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit.

Lampiran Gambar

Kemudian, tidak pernah dihukum karena melakukan tindakan pidana yang merugikan keuangan negara atau keuangan daerah, tidak sedang menjalani sanksi pidana dan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, atau sedang mencalon kepala daerah dan sejenisnya.

Sedangkan ntuk persyaratan khusus, pendaftar harus memiliki integritas yang meliputi cakap melakukan perbuatan hukum, memiliki akhlak dan moral yang baik, memiliki komitmen terhadap pengembangan PT. Grafika Jaya Sumbar yang sehat, dan tidak termasuk sebagai pihak yang dilarang untuk menjadi komisaris.

Selain itu, juga mengenai reputasi keuangan yang tidak termasuk dalam daftar kredit macet dan tidak pernah dinyatakan pailit dan menjadi direksi yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu peseroan yang dinyatakan pailit berdasarkan ketetapan pengadilan. Serta juga, memiliki kompetensi yang meliputi pengetahuan yang memadai di bidang percetakan dan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam bidang pengawasan.

Sedangkan persyaratan lainnya, pendaftar harus memahami antara sesama calon direksi tidak boleh ada hubungan keluarga sampai derajat ketiga, baik menurut garis lurus maupun garis ke samping termasuk menantu atau ipar. Apabilah diketahui terjadi hubungan, pengangkatan komisaris harus dilanjutkan dengan izin tertulis dari RUPS.

Persyaratan lainnya, pendaftar tidak sedang dalam masa pengenaan sanksi untuk dilarang menjadi komisaris, tidak merangkap jabatan sejenisnya. Serta tidak sedang menjalani proses hukum atau sedang dalam proses uji kemampuan dan kepatuhan pada perusaaan atau lembaga lainya.

Untuk persyarata terakhir yang meliputi persyaratan administrasi, pendaftar harus melengkapi pasfoto ukuran 4x6 (3 lembar), fotokopi KTP dan NPWP. Serta juga, membuat daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah pendidikan terakhir dilegalisir, dan surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat.

Apabilah melengkapi, pendaftar dapat mengirim dokumen lamaran ditujukan pada Pansel, dengan lampiran persyaratan diatas. Syarat tersebut dapat diantar secara langsung ke Pansel kordinator SUB BUMD dan BLUD Biro Perekonomian di Sekretariat daerah Sumbar, di Gedung Escape Buiding lantai III kantor Gubenur Sumbar.

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar