Pemprov Sumbar Bakal Bangun Maritim Center di Muaro Padang

Langgam.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) berencana membangun gedung Maritim Center di Muaro Padang.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat rapat bersama PT. Pelindo II Teluk Bayur terkait rencana pembangunan Maritim Center di Muaro Padang. [Foto: Dok. Pemprov Sumbar]

Langgam.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) berencana membangun gedung Maritim Center di Muaro Padang. Pembangunan gedung itu bekerjasama dengan PT. Pelabuhan Indoensia (Pelindo) II Teluk Bayur.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam pertemuan bersama PT Pelindo II Teluk Bayur mengatakan, pembangunan ruang maritim tersebut rencananya akan dijadikan sebagai sarana edukasi masyarakat, wahana maritim, food court, ruang pertemuan serbaguna, kafetaria, dan wahana pandang panorama Samudera Hindia.

Lalu, kata Mahyeldi, juga akan dibangun ticket counter dan dermaga kapal Mentawai Fast, Kantor Perwakilan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Teluk Bayur serta Minimarket.

Rencananya, sebut Mahyeldi, lokasi pelabuhan muaro tersebut akan dijadikan lokasi sandar eksisting, dan kapal-kapal yang bermuatan 250 ton bisa bersandar di pelabuhan muaro itu.

"Kalau perlu kita keruk Sungai Batang Arau, sehingga dapat memperlancar lalu lintas kapal di kawasan tersebut," ujar Mahyeldi, Jumat (16/9/2022).

Kemudian, lanjut Mahyeldi, manfaat lain dengan adanya Maritim Center, bisa dimanfaatkan sebagai wahana edukasi para siswa TNI/POLRI tentang kemaritiman, mereka bisa belajar menyelam dan sebagainya.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo II Teluk Bayur, Nunu Husnul Khitam menjelaskan, bahwa pembangunan Maritim Center merupakan salah satu upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kota Padang.

"Bangunan Maritim Center nantinya akan dibangun 2,5 lantai, di sana akan menjadi pusat wahana edukasi untuk wisatawan mendapatkan informasi seputar dunia kemaritiman," ujar Nunu.

Nunu mengeklaim, pembangunan Maritim Center itu juga akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, sektor usaha juga akan tumbuh.

Baca juga: Bangun Pelabuhan Marina, Pemko Padang Akan Pindahkan Kapal Nelayan di Muaro

"Lingkungan sekitar jadi semakin terbuka dengan perkembangan bisnis, menambah pendapatan masyarakat, serta dapat memaksimalkan potensi ekonomi serta sumber daya yang dimiliki," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tag:

Baca Juga

Personel Satpol PP Padang menertibkan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Kecamatan Tangah pada Sabtu (24/2/2024). Ada belasan lapak PKL
Satpol PP Padang Tertibkan Belasan Lapak PKL di Koto Tangah
Menkes BGS Janji Bantu Alkes untuk RSUD Rasidin
Menkes BGS Janji Bantu Alkes untuk RSUD Rasidin
Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban TPPO di Myanmar akhirnya dapat dipulangkan ke tanah air. Sabil sendiri adalah warga Sijunjung,
Pemprov Sumbar Beri Pendampingan Psikologis dan Hukum pada Korban TPPO Asal Sumbar di Jakarta
Jumlah anggota DPRD Kota Padang pada periode 2019-2024 sebanyak 45 orang. Di antara mereka tersebut, ada yang kembali memperebutkan
Berikut Perolehan Suara Sementara Petahana DPRD Padang di Pemilu 2024
Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade kembali menggelar Jumat Berkah Partai Gerindra, Jumat (23/2/2024).
Andre Rosiade Kembali Gelar Jumat Berkah Gerindra di Padang
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah