Pemko Pariaman Revisi Kegiatan Olahraga ASN Jadi Hari Jumat

Olahraga ASN Pemko Pariaman

Wako Pariaman Genius Umar ikuti kegiatan bersepeda bersama. (Foto: dok humas pariaman)

Langgam.id -  Pemerintah Kota Pariaman mencanangkan kegiatan olahraga di lingkungan pemko setempat dilakukan setiap hari Jumat, setelah sebelumnya dilakukan pada hari Rabu.

Walikota Pariaman Genius Umar menyebutkan ada revisi dari pelaksanaan olahraga bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah itu menjadi hari Jumat.

"Setiap hari Jum’at dilaksanakan kegiatan olahraga bersama, salah satunya bersepeda bersama," katanya ketika melepas rombongan bersepeda bersama ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk kali perdana di setelah lama libur selama Wabah Covid-19 melanda, bertempat di halaman Balaikota Pariaman, Jum’at (10/7/2020).

Ia mengatakan bahwa sebelumnya jadwal olahraga atau senam bersama ASN untuk Pemko Pariaman dilaksanakan pada hari Rabu. Berhubung telah keluar edaran dari Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) bahwa untuk olahraga bagi ASN dilaksanakan setiap Jum’at minggu kedua sampai keempat setiap bulannya.

“Untuk itu, kita merevisi kegiatan olahraga bagi ASN menjadi hari Jum’at, dengan ditambahkan kegiatan bersepeda ini. Karena dengan bersepeda kita akan bisa meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga, ketika imun tubuh kita kuat, maka kita insha Allah akan terhindar dari virus corona yang sedang mewabah sekarang ini," katanya.

Genius menilai kegiatan olahraga juga penting ada di lingkungan ASN untuk menjaga imun tubuh, ritme kerja, dan menjadi penyemangat.

“Selain itu, dengan bersepeda, kita akan menghemat bahan bakar, karena apa, bila kita terapkan beberapa jam saja kita semua menggunakan sepeda dan tidak memakai kendaraan bermotor baik motor dan mobil yang dimiliki oleh dinas. Kita dapat menghemat bahan bakar, yang juga akan menghemat pengeluaran daerah,” ungkapnya.

Walikota Pariaman mengatakan bahwa dengan bersepeda tentu juga akan mengurangi jumlah kecelakaan berlalu lintas.

"Nantinya kita akan buat kebijakan di mana untuk setiap hari Jum’at kedua sampai keempat setiap bulannya, kita akan memakai sepeda bagi ASN Pemko Pariaman," ujarnya.

Di masa new normal saat ini, di mana trend sepeda telah menjadi gaya hidup bagi hampir seluruh masyarakat di dunia, tak terkecuali di Sumbar.

"Pemko Pariaman akan menggalakkan kegiatan bersepeda ini menjadi rutinitas ASN yang kita punya, dan kedepan kita juga akan merancang untuk menjadikan setiap Hari Jum’at menjadi ‘Car Free Day’ (CFD) di Kota Pariaman, di mana teknisnya akan kita bahas dengan lintas sektoral nantinya,” tukas Genius Umar.

Dengan adanya kebijakan tersebut, wako juga menghimbau kepada Sekretariat Daerah melalui Koperasi KORPRI Pemko Pariaman, agar dapat memfasilitasi ASN yang belum memiliki sepeda untuk disediakan dan ASN dapat membeli dengan cara mencicil melalui Koperasi KORPRI Pemko Pariaman.

Adapun, rute sepeda perdana bersama ASN Pemko Pariaman yang diikuti oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua TP PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius, Kepala OPD, Kabag, Camat dan ASN ini, dimulai dari Balaikota Pariaman menuju Pantai Belibis Desa Padang Birik-Birik dan sebaliknya. (inf/HF)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Olahraga ringan tetap harus dilakukan selama bulan Ramadan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Olahraga harus dilakukan dengan porsi
Tetap Bugar Selama Bulan Ramadan, Ini Tipsnya
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag