Pemko Padang dan ISI Padang Panjang Jalin Kerjasama Persiapan Rakernas Apeksi 2022

Pemko Padang dan ISI Padang Panjang Jalin Kerjasama Persiapan Rakernas Apeksi 2022

Wali Kota Padang Hendri Septa dan Rektor ISI Padang Panjang Novesar Jamarun (Foto: Prokopim Pemko Padang)

Langgam.id-Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang jalin kerja sama untuk persiapan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di bulan Agustus tahun 2022. Kota Padang bakal menjadi tuan rumah dalam pertemuan wali kota se Indonesia tersebut.

Menghadapi iven itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan. Diantaranya, persiapan persembahan kesenian budaya Minangkabau dalam bentuk tampilan koreografi atraktif yang akan disuguhkan bagi tamu undangan kehormatan saat pembukaan.

Dalam rangka persiapan memeriahkan Rakernas Apeksi, Wali Kota dan jajaran mengunjungi ISI Padang Panjang, Rabu (22/12/2021). Hendri Septa bertemu Rektor ISI Padang Panjang Novesar Jamarun untuk diskusi bersama.

"Kita sudah sama-sama mengetahui karya seni ISI Padang Panjang dalam persembahan kesenian budaya Minangkabau dalam berbagai iven sejauh ini," kata Hendri lewat keterangan resmi Pemko Padang, Kamis (23/12/2021).

Dia menjelaskan, seperti pada saat pembukaan dan penutupan MTQN ke-39 Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) pada November 2021 lalu, dia mengharapkan pada Rakernas ke-XV Apeksi nanti hal serupa dapat dilakukan. Bahkan kalau bisa lebih meriah dari itu.

Hendri menambahkan, Rakernas Apeksi merupakan kegiatan tahunan yang diikuti oleh pemerintah kota seluruh Indonesia. Kota Padang merupakan kota pertama di Pulau Sumatera yang dipercaya menjadi tuan rumah selama Rakernas ini berlangsung.

"Oleh sebab itu, kami mengharapkan dukungan dan kolaborasi dari ISI Padang Panjang. Pada Rakernas nanti ribuan orang dari berbagai kota di seluruh Indonesia akan hadir di Kota Padang," katanya.

Dia mengatakan nantinya acara ini menjadi momen kebangkitan ekonomi di Kota Padang khususnya dan Sumatra Barat umumnya.

Sementara itu, Rektor ISI Padang Panjang Novesar Jamarun menyambut baik kerja sama yang akan dilakukan dengan Pemko Padang. Menurutnya kerjasama ini merupakan tindak lanjut kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang telah terjalin antara Pemko Padang dan ISI Padang Panjang sejak 18 November 2020 lalu.

"Kita ISI Padang Panjang siap mendukung dan menyukseskan Rakernas ke-XV Apeksi pada Agustus 2022 mendatang. Untuk itu kami akan bentuk tim untuk membahas lebih lanjut," ujarnya. (*/Rahmadi/Lisa Septri Melina)

Baca Juga

Masa jabatan Wali Kota Padang, Hendri Septa dan Wawako Ekos Albar berakhr pada Senin (13/5/2024). Hendri Septa dan Ekos Albar pun berpamitan
Masa Jabatan Hendri Septa dan Ekos Albar Berakhir, Andree Algamar Jadi Plh Wako Padang
Sebuah kota tidak hanya sebuah wilayah geografis; itu adalah kumpulan dari budaya, kreativitas, dan kolaborasi yang mengalir melalui jalan
Sosok Pemimpin yang Dibutuhkan Padang: Membangun Kota Kreatif dan Kolaboratif
Dampak Banjir, Wali Kota Padang Pimpin Evakuasi Warga Hingga Dinihari
Dampak Banjir, Wali Kota Padang Pimpin Evakuasi Warga Hingga Dinihari
Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pembacaan Putusan Perkara Nomor 143/PUU-XXI/2023 mengabulkan sebagian permohonan tujuh
MK Kabulkan Gugatan Wako Padang Cs, Kuasa Hukum: Proses Pengusulan Pj di DPRD Dapat Dihentikan
Prodi DKV ISI Padang Panjang Pamerkan 'Harmoni of Nirmana'
Prodi DKV ISI Padang Panjang Pamerkan 'Harmoni of Nirmana'
Institut Seni Indonesia (ISI) Kota Padang Panjang saat ini memiliki dua profesor seni pertama di Sumatra. Pengukuhan kedua guru besar tersebut dilakukan oleh Rektor ISI Padang Panjang,
Pertama di Sumatra, ISI Padang Panjang Miliki 2 Profesor Seni