Pemkab Solok Jamin Stok Hewan Kurban Idul Adha 2020

Dampak dari bencana alam yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Sumbar, menyebabkan banyak ditemukan hewan kurban yang mati.

Pemeriksaan hewan kurban. (Foto: Kominfo Kota Padang Panjang)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Solok memastikan stok kebutuhan hewan kurban cukup untuk Idul Adha 1441 Hijriah. Jumlahnya mencapai 3 ribu ekor atau tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Si Is mengatakan, permintaan hewan kurban tahun ini diperkirakan sedikit menurun dibanding tahun lalu. Kondisi ini merupakan dampak dari pandem covid-19.

"Prediksi kita, kebutuhan hewan kurban tahun ini sedikit menurun, ekonomi masyarakat sangat terdampak oleh wabah dan mempengaruhi kemampuan berkurban," katanya, Minggu (26/7/2020).

Menurutnya, tahun 2019, sekitar 2.988 ekor ternak yang di kurbankan warga kabupaten Solok. Paling banyak hewan jenis sapi dengan jumlah mencapai 2.583 ekor.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kebutuhan sapi untuk Idul Adha di Kabupaten Solok selalu terpenuhi, bahkan surplus. Kendati demikian, pihaknya terus menggalakkan program Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB).

Diakuinya, masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya menjaga produksi sapi. Terutama dengan tidak memotong sapi betina usia produktif.

"Kita bersama kepolisian selalu memeriksa pasar ternak di Muara Panas, dan mensosialisasikan aturan tersebut kepada masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, Dinas Pertanian juga terus melakukan pembinaan kepada peternak tentang budidaya dan cara yang baik dalam pemberian pakan ternak. Petugas kesehatan hewan juga terus memantau dan memeriksa kesehatan hewan ternak ke lapangan.

Untuk memastikan kesehatan sapi kurban, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan langsung ke lapangan, baik ke pasar maupun ke sentra peternakan sapi. Terutama pasar Muaro Paneh, Kecamatan Bukik Sundi.

"Hewan yang akan disembelih harus diperiksa agar sesuai persyaratan kurban, seperti cukup umur yakni dua tahun, tidak cacat dan tidak sakit, sehingga dagingnya yang dibagikan aman dan sehat," katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Kepala Dinas (Distan) Kota Padang, Yoice Yuliani mengatakan, pada Idul Adha 1445 H/2024 M, jumlah hewan kurban yang akan disembelih di Padang
Jumlah Hewan Kurban yang Disembelih di Padang Diprediksi 7 Ribu Ekor
Dinas Pertanian Kota Padang menurunkan tim kesehatan hewan (Keswan) untuk mengecek kesehatan hewan kurban di daerah tersebut.
2 Ribu Hewan Kurban Sudah Diperiksa, Distan Padang: yang Layak Dikurbankan 1.550 Ekor
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Jumlah Hewan Kurban di Agam Diprediksi Turun
Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban
Pemerintah Jamin Ketersediaan Hewan Kurban