Pemkab Pessel Bakal Perketat Pengawasan di Pulau-Pulau Kecil

destinasi wisata

Ilustrasi - Kawasan Mandeh, Pesisir Selayan, Sumbar. (Foto: Hendra)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bakal memperketat pengawasan di pulau-pulau kecil, terutama terkait dampak lingkungan untuk keberlanjutan ekosistem alam.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pessel Beni Rizwan mengatakan pihaknya akan meningkatkan pengawasan di pulau-pulau kecil, dan melakukan inventarisasi.

"Kita akan perketat pengawasan yang berkaitan dengan izin lingkungan, supaya ini untuk menjaga dan mengurangi kerusakan akibat dampak lingkungan," ujarnya dikutip langgam.id dari laman resmi pemda, Sabtu (25/7/2020).

Baca juga: Nagari Sungai Pinang, Pessel Manfaatkan Dana Desa untuk Pengadaan Kapal Nelayan

Menurutnya, pengawasan dan inventarisasi pulau-pulau kecil itu lebih diarahkan kepada kegiatan-kegiatan usaha masyarakat yang belum memiliki izin lingkungan.

Ia menilai melalui inventarisasi pulau-pulau kecil tersebut, maka berbagai kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat bisa terus terpantau dan terawasi dengan baik, sehingga potensi kerusakan lingkungan juga bisa ditekan.

"Kegiatan inventarisasi pulau-pulau kecil sebagaimana dilakukan di sepanjang kawasan wisata, termasuk juga di kawasan wisata Mandeh, memiliki tujuan bagaimana kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat bisa dipantau dan diawasi. Terutama sekali bagi usaha-usaha yang tidak memiliki izin, serta mengabaikan dampak kerusakan lingkungan dari kegiatan yang mereka lakukan," katanya.

Baca juga: Pemkab Pessel Usulkan Pembangunan BTS di Sejumlah Nagari

Ditambahkan lagi bahwa pihaknya melalui petugas yang diturunkan bersama tim, juga mengawasi aktivitas masyarakat di sekitaran pulau-pulau kecil di daerah itu.

"Selain melakukan inventarisasi dan pemantauan, kita dari DLH juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga lingkungan. Sebab dengan terjaganya lingkungan, keinginan masyarakat untuk terus berkunjung, terutama sekali pulau-pulau kecil yang masuk pada kawasan wisata akan semakin tinggi," ungkapnya.

Ia menyebutkan beberapa pulau kecil yang dikunjungi untuk dilakukan inventarisasi itu antara lain adalah Pulau Kapo Kapo, Pulau Cubadak, Pulau Seronjong dan Pulau Soetan.

"Semua pulau yang saya sebutkan itu, lokasinya berada dalam satu kawasan, yakni kawasan wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan," jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa hampir di semua pulau yang dikunjungi itu, terdapat bangunan seperti penginapan dan kedai kecil untuk berdagang.

"Karena masyarakat setempat menjadikan beberapa lokasi pulau itu sebagai tempat berdagang, sehingga kita khawatir aktivitas itu dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan sekitar," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat boleh-boleh saja menggunakan lokasi tersebut sebagai tempat usaha. Tapi akan lebih baik kawasan itu tetap dijaga dan dilindungi.

Kalaupun ada dilakukan pembangunan, imbuhnya, harus mengacu pada pengelolaan lingkungan, serta juga mempertimbangkan dampak bagi lingkungan itu sendiri.

"Agar semua itu bisa terpenuhi, maka berbagai kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat harus memiliki izin lingkungan, agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan," tutupnya. (rls/HF)

Baca Juga

Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).
Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran
Sejumlah event pariwisata akan digelar di Sumatra Barat (Sumbar) pada 2024 ini. Dikutip dari akun Instagram @dispar.sumbar dan @minanglipp,
Catat! Ini Kalender Event Sumatra Barat 2024, Ada Festival Durian
Salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Padang yaitu Pantai Pasir Jambak, kini semakin menarik karena dilengkapi dengan berbagai wahana
Gaet Wisatawan, Pantai Pasir Jambak Padang Kini Dilengkapi ATV, Berkuda dan Memanah
Pelita Air dan Pertamina Foundation menggalang sinergi untuk mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dengan mengutamakan pemberdayaan
Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan, Pelita Air dan Pertamina Foundation Galang Sinergi