Nagari Sungai Pinang, Pessel Manfaatkan Dana Desa untuk Pengadaan Kapal Nelayan

Manfaatkan Dana Desa untuk Pengadaan Kapal Nelayan

Salah satu kapal nelayan yang dibeli menggunakan Dana Desa tahun 2020 di NagarI Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan (Foto: Humas Pemkab Pessel)

Langgam.id - Nagari Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan manfaatkan Dana Desa tahun 2020 untuk pembelian kapal bagi nelayan setempat.

Bantuan yang bersumber dari Dana Desa itu diberikan kepada 37 nelayan di daerah itu, dengan masing-masing nelayan mendapatkan bantuan senilai Rp10 juta yang dipergunakan untuk pengadaan kapal.

Wali Nagari Sungai Pinang, Azli menyebutkan, tujuan pemberian bantuan kapal yang bersumber dari Dana Desa itu agar masyarakat Nagari Sungai Pinang bisa menggunakannya untuk meningkatkan perekonomian mereka.

"Bantuan kapal itu berupa kapal penangkap ikan, dengan alokasi anggaran masing-masing kapal Rp10 juta," ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Jumat (17/7/2020).

Dijelaskan Azli, Dana Desa tahun 2020 sengaja dialokasikan untuk pengadaan kapal, karena mayoritas masyarakat Nagari Sungai Pinang adalah nelayan.

"Sengaja kita lakukan, masih banyak masyarakat di sini yang belum memiliki kapal untuk melaut, kalaupun ada, banyak kapalnya yang sudah tua dan tidak layak digunakan," ungkapnya.

Bantuan kapal itu, jelas Azli, juga dapat digunakan oleh masyarakat penerima untuk melayani wisatawan mancing.

"Ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan, kapal itu juga boleh digunakan untuk membawa wisatawan, tak harus untuk melaut (menangkap ikan) saja bagi nelayan," katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Dua warga terseret arus Batang Sungai Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Kamis (8/5/2024) sekitar pukul
2 Warga Terseret Arus Sungai Batang Lunang Pessel saat Langsir Sawit