Pemkab Agam Rehab 106 Rumah Tidak Layak Huni, Sasar 12 Kecamatan

Pemkab Agam Rehab 106 Rumah Tidak Layak Huni, Sasar 12 Kecamatan

Kondisi rumah Pak Jun, pemulung di Kelurahan Limau Manis Selatan, Pauh. (Foto: ist)

Langgam.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mengalokasikan dana sebesar Rp2,2 miliar dari APBD 2024 untuk merehab 106 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dana tersebut akan digunakan untuk memberikan bantuan bahan bangunan senilai Rp18 juta kepada setiap rumah yang direhab.

Sekretaris Dinas Perumahan Permukiman (Disperkim) Agam, Rudi Hendri, menjelaskan bahwa program ini merupakan hasil dari pokok-pokok pikiran (pokir) beberapa anggota DPRD Agam, dengan data calon penerima manfaat yang telah diusulkan.

“Saat ini, kami tengah melakukan sosialisasi kepada calon penerima manfaat,” ujarnya.

Penerima manfaat program ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah dengan kondisi rumah yang tidak layak huni, tidak sesuai dengan kapasitas penghuni, dan memenuhi kriteria lainnya.

Proses rehabilitasi rumah akan dilaksanakan di 12 kecamatan di Kabupaten Agam, yaitu Kecamatan Tanjung Raya, Matur, Tanjung Mutiara, Kamang Magek, Palembayan dan Baso.

Kemudian Kecamatan Banuhampu, Sungai Pua, Tilatang Kamang, Canduang, Ampek Angkek dan Lubuk Basung.

“Kami upayakan agar pengerjaan rehabilitasi rumah dapat dimulai pada bulan Juni mendatang,” kata Rudi Hendri.

Selain program rehab RTLH dari APBD, Pemkab Agam juga mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk merehab 712 unit RTLH lainnya.

Pemerintah Kabupaten Agam berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan hunian yang layak dan nyaman. (*/Yh)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat