Pemkab Agam Perkuat Ngarai Sianok-Maninjau Menuju UNESCO Global Geopark

Pemkab Agam Perkuat Ngarai Sianok-Maninjau Menuju UNESCO Global Geopark

Sosialisasi Ngarai Sianok-Maninjau untuk menuju UNESCO Global Geopark (Foto: Dok. Humas Kabupaten Agam)

Langgam.id - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Agam perkuat Geopark Ngarai Sianok-Maninjau menuju UNESCO Global Geopark dengan mensosialisasikan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Wali Nagari, Pengelola Objek Wisata serta Pokdarwis di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda Kabupaten Agam, Martias Wanto menyebutkan, sosialisasi yang diadakan, merupakan pemanasan untuk mempersiapkan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau menuju UNESCO Global Geopark.

“Kita berharap, masyarakat di sekitar geosite, lebih inovatif untuk mencapai kesejahteraan ekonomi yang berkesinambungan dan menjaga kualitas lingkungan,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Selasa (3/9/2019).

Menurut Martias, konsep Geopark Ngarai Sianok-Maninjau sudah diakui dunia sebagai konsep terbaik dalam pemanfaatan Sumber Daya Geologi (SDG) yang berkelanjutan. “Kedepan, kita berharap ini dipromosikan lebih luas lagi,” jelasnya.

Dia juga meminta, agar pengelolaan lebih ditingkatkan. “Sertifikat Geopark Nasional yang sudah diraih tahun lalu akan dievaluasi secara berkala, itu sudah diatur dalam Perpres Nomor 9 tahun 2019 tentang Taman Bumi (Geopark). Apabila tidak terkelola dengan baik, maka sertifikat Geopark Nasional yang telah didapat bisa dicabut,” ungkapnya.

Terkait pengelolaan, kata Martias, merupakan suatu yang sangat mendasar dan memiliki bobot paling tinggi dalam penilaian untuk pengajuan sebagai Unesco Global Geopark. “Untuk itu, mari kelola dengan baik geosite-geosite yang kita miliki ini,” ungkapnya.

Martias ingin segala informasi tentang Geopark Ngarai Sianok-Maninjau didigitalisasi. “Ini sangat strategis, agar segala informasi tentang potensi geologi, seni, budaya, flora, fauna dan wisata alam di geopark bisa tersebar luas dengan cepat,” katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023