Pemkab Agam akan Bangun Kereta Gantung di Kawasan Danau Maninjau

cable car

ilustrasi cable car (pixabya.com)

Langgam.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam merencanakan pembangunan kereta gantung (Cable Car) di kawasan Lawang, Kecamatan Matur menuju Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya. Rencana ini bertujuan memberikan dukungan untuk pengembangan wisata.

Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, kereta gantung ini nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Sumatra Barat (Sumbar) untuk menikmati keindahan panorama Danau Maninjau.


"Kereta gantung ini nantinya diharapkan dapat menambah minat pengunjung terhadap wilayah Sumbar," katanya seperti dikutip dari amcnews Selasa (16/11/2021).

Selain itu menurutnya, saat ini kondisi Danau Maninjau sangat memprihatinkan karena penumpukkan sisa pakan ikan di dasar danau.

“Oleh sebab itu, melalui Wantimpres kami berharap dukungan dan bantuannya dalam proses revitalisasi Danau Maninjau, agar kondisi bisa kembali normal,” harapnya.

Menangapi hal itu, Wantimpres Agung Laksono, menyatakan mendukung program pengembangan wisata dan pihaknya akan merevitalisasi Danau Maninjau

"Kami sangat support dan mendukung penuh rencana pembagunana kereta gantung tersebut,” ujarnya.

Dia melanjutkan, revitalisasi Danau Maninjau dan rencana pembuatan kereta gantung merupakan satu kesatuan dalam pengembangan objek wisata. Hal pertama yang harus dibenahi adalah bagaimana cara untuk mengembalikan kondisi Danau Maninjau.

"Dengan adanya support dari pemerintah pusat, dan kerja sama dari semua pihak, revitalisasi Danau Maninjau dan pengembangan wisata di Kabupaten Agam bisa berjalan dengan baik," katanya. (Lisa Septri).

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat