Pemangkasan Jam Kerja ASN Jangan Ganggu Pelayanan Publik

pelaksana harian gubernur

Sekretaris Daerah Sumatra Barat Alwis (ist)

Langgam.id - Selama ramadan, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) bakal berkurang drastis. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan ibadah para pegawai yang mayoritas beragama Islam.

Pengurangan jam kerja pegawai Pemprov Sumbar ini tertuang dalam instruksi Gubernur Sumatra Barat nomor 05/INST/2019 tentang  perubahan jam kerja selama ramadan 1440 hijriah.

Penerbitan Gubernur ini menyusul Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin Nomor 394 Tahun 2019 yang menegaskan tentang pengurangan jam kerja.

"Penetapan pengurangan jam kerja selama ramadan ini dilakukan demi tertib dan lancarnya ASN dalam menjalankan tugas. Lalu untuk menjaga ibadah puasa," kata Sekretaris Daerah Pemprov Sumbar Alwis, Jumat (3/5/2019).

Alwis menerangkan, bago ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memberlakukan lima hari kerja dalam seminggu, maka pada hari Senin-Kamis masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. ASN juga diberikan waktu istirahat pada pukul 12.30 - 13.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat, masuk pukul 08.00 WIB san pulang pukul 15.30 WIB.

Sementara itu, bagi ASN dengan enam hari kerja, Senin-Kamis dan Sabtu diberlakukan masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 14.00 WIB. Sedangkan Jumat masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 14.30 WIB.

"Pengurangan jam kerja jangan sampai mengurangi pelayanan masyarakat. Jangan jadikan puasa alasan untuk tidak bekerja maksimal," terang Alwis. (RC)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Menurut Sutan Riska, NU Ormas Islam yang menganut jalan tengah dan lurus.
ASN di Dharmasraya Diperintahkan Aktif Sukseskan MTQ Tingkat Kabupaten
Langgam.id - Melalui berbagai program, Bank Nagari mengajak pensiuanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Sawahlunto untuk tetap produktif.
Bank Nagari Tawarkan Dukungan untuk Pensiunan ASN di Sawahlunto Buka Usaha
Langgam.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengeklaim bahwa ia berhasil mengubah pola pikir ASN di daerah yang ia pimpin.
Eka Putra Klaim Pola Pikir ASN Tanah Datar Lebih Baik Sejak Ia Memimpin
Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang memberikan hadiah umarah untuk 44 Aparatur Sipil Negara (ASN) berprestasi.
Pemko Padang Umrahkan 44 ASN Berprestasi dengan Dana Hibah
Langgam.id - Pencatutan identitas warga tanpa izin dan didaftarkan sebagai anggota Parpol marak terjadi di Indonesia menjelang Pemilu 2024.
Komisioner KPU, ASN hingga PPNPN Terdaftar sebagai Anggota Parpol di Sumbar
Langgam.id - Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto menyorot kinerja ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) di daerah yang ia pimpin.
Sorot Kinerja ASN dan THL, Wabup Pasbar: Setiap Apel Begini-begini Saja, Tak Ada Perubahan