Pelanggar Perda Diajukan ke Pengadilan, Ancaman Hukuman Denda dan Kurungan

Soal Penegakan Perda di Kota Padang

Satpol PP Padang saat menertibkan PKL di kawasan Pantai Padang. (Foto: Irwanda Saputra/Langgam.id)

Langgam.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang telah memproses Tindak Pidana Ringan (Tipiring) kepada tujuh masyarakat pelanggar Peraturan Daerah (Perda) selama Januari hingga Februari 2020.

Kasat Pol PP Kota Padang, Alfiadi mengatakan, tindakan Tipiring yang dilakukan dari berbagai pelanggaran Perda. Mulai dari Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga tempat hiburan malam.

"Tipiring dilaksanakan di pengadilan. Keputusan hakim bagi yang melanggar Perda beragam, mulai dari denda hingga sampai inkrah kurungan," ujar Alfiadi kepada Langgam.id, Selasa (10/3/2020).

Ia mengungkapkan, bagi pelaku pelanggaran perda yang telah ditipiring, dilarang beroperasi. Khusus tempat hiburan yang menyalahi aturan, harus mengurus izin kembali.

"Kalau masih ingin membuka usaha lagi, harus kembali mengurus izin. Kalau tidak juga tentu akan kami tertibkan, kami bekerja sesuai standar operasional prosedur," ungkapnya.

Selain menjaga ketertiban umum dan kenyamanan, Satpol PP Kota juga memberikan perlindungan masyarakat dengan merencanakan kembali mendata Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) yang telah mulai hilang.

"Ini sudah mulai hilang, kapan perlu nanti kami mengusulkan di tahun 2021 Satpol PP yang membantu membangun Siskamling. Nanti kita stimulus, kita bantu di wilayah masing-masing untuk pengadaan Siskamling," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Sebanyak 13 orang diamankan Satpol PP Padang pada Kamis dini hari (11/7/2024). Mereka yang terjaring tersebut terdiri dari enam orang
Satpol PP Padang Amankan 13 Muda-mudi, 7 di Antaranya Diduga Konsumsi Alkohol
Satpol PP Padang menertibkan belasan bangunan liar yang berdiri di atas trotoar Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kamis
Langgar Perda, Belasan Bangunan Liar di Kelurahan Padang Pasir Ditertibkan Petugas
Personel Satpol PP Padang Copot Ratusan Baliho dan Poster Liar
Personel Satpol PP Padang Copot Ratusan Baliho dan Poster Liar
Satpol PP Padang kembali melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima di depan kampus Universitas Putra Indonesia (UPI), Rabu (3/7/2024).
Satpol PP Padang Kembali Tertibkan PKL di Depan Kampus UPI
Nyaris Diamuk Massa, Satpol PP Padang Amankan 2 Pasangan Muda Mudi dari Kosan di Lubeg
Nyaris Diamuk Massa, Satpol PP Padang Amankan 2 Pasangan Muda Mudi dari Kosan di Lubeg
Satpol PP Kota Padang menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan Lapau Panjang Cimpago (LPC), Pantai Padang,
PKL Bandel di Pantai Padang Ditertibkan, Kursi hingga Payung Lipat Diangkut