Pasien Positif Corona Asal Pesisir Selatan Video Call dengan Bupati

Pasien Positif Corona Asal Pesisir Selatan Video Call dengan Bupati

Ilustrasi - video call. (Gambar: Mohamed Hassan/pixabay.com)

Langgam.id - Dua warga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dinyatakan positif terjangkit corona (covid-19). Pasien pertama yang dinyatakan positif sudah bisa berbincang lewat video call dengan Bupati Hendrajoni dan Ny, Lisda Hendrajoni.

"Pada kesempatan itu, pasien menyampaikan bahwa kondisinya sudah berangsur baik. Bupati juga memberikan motivasi agar tetap sabar terus bersemangat," kata Kabag Humas Pemkab Pessel, Rinald, Senin (30/3/2020).

Meski demikian, menurutnya, pasien 01 tersebut masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Dr. M. Djamil  Padang.

Sementara dengan adanya kasus nomor dua, menurutnya, saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting. Di antaranya menelusuri ke belakang siapa saja yang pernah kontak dengan pasien kasus nomor dua ini.

"Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor dua segera akan diisolasi," katanya. Warga dengan status orang dalam pantuan (ODP) pada Senin (30/3/2020) mulai masuk ruang karantina di Rusunawa Painan Selatan.

Baca juga: Dinyatakan Positif Covid-19, Warga Pesisir Selatan Sempat Ikuti Pelatihan di Padang

Pemerintah Kabupaten Pessel pada Selasa (31/3/2020), menurutnya, akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal dengan menurunkan lima mobil pemadam kebakaran. Kelima mobil pemadam tersebut, dua di Painan, masing masing satu mobil di Kecamatan Lengayang, Ranah Pesisir dan Basa Ampek Balai Tapan.

Bupati Pesisir Selatan juga menginstruksikan camat dan wali nagari terus melakukan sosialisasi tentang larangan melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti; pesta, syukuran dan kegiatan lainnya. Bila ditemukan maka dilakukan pembubaran.

Saat ini juga dilakukan perawatan terhadap pasien berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Dua orang dirawat di Rumah Sakit M.Jamil Padang dan satu Rumah Sakit M. Zein Painan.

Terkait pembatasan selektif di daerah perbatasan Pemkab juga sudah menyiapkan lokasi karantina sementara yaitu di batas Bengkulu SMKN 1 Silaut dan di Batas Jambi disiapkan SDN 04 Sako.

Diketahui di Pessel saat ini memiliki Orang dengan status Notifikasi 1.139 orang, ODP 107 orang, PDP 3 orang, dan 2 positif dirawat di RSUP M Djamil Padang. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Dua warga terseret arus Batang Sungai Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Kamis (8/5/2024) sekitar pukul
2 Warga Terseret Arus Sungai Batang Lunang Pessel saat Langsir Sawit
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Stunting di Pesisir Selatan Meningkat, Capai 2.314 Kasus