Partai Demokrat Belum Buka Pendaftaran Cagub Sumbar, Kader Mendaftar ke Partai Lain

gerindra tanah datar | kapolri pilkada | Calon Kepala Daerah Independen Sumbar | pilgub sumbar

Ilustrasi Pilkada Sumbar 2020. (Sumber: Pii)

Langgam.id- Partai Demokrat belum membuka pendaftaran untuk calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2020. Kadernya mendaftar ke beberapa partai lain yang sudah melakukan penjaringan calon.

Ketua DPD Demokrat Sumbar yang juga Anggota DPR RI, Mulyadi mendaftar ke beberapa partai untuk menjadi calon gubernur Sumatra Barat dalam Pilkada serentak tahun 2020 tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Sumbar Fraksi Demokrat, Arkadius Dt Intan Bano mengatakan partainya komitmen mendukung Mulyadi sebagai calon gubernur Sumbar.

"Yang jelas calon gubernur dari Demokrat hanya satu orang, pasti mengusung pak Mulyadi,"katanya kepada langgam.id, Sabtu (28/12/2019).

Dia mengatakan saat ini Mulyadi mendaftar di sejumlah partai lainnya. Hal ini karena memang partai Demokrat tidak bisa mengusung calon sendiri karena hanya memiliki 10 kursi di DPRD Sumbar. Sementara untuk mengusung calon harus memiliki 13 kursi.

"Mendaftar ke partai lain untuk melengkapi syarat pendaftaran, karena kita tidak bisa sendiri," katanya.

Dia mengatakan hingga saat ini memang belum ada pendaftaran kader secara terbuka untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Saat ini hanya di kabupaten kota saja yang membuka pendaftaran untuk luar kader Demokrat.

"Kalau untuk Gubernur Demokrat belum membuka pendaftaran, bisa saja nanti buka pendaftaran tapi nanti sekitar Januari," katanya.

Saat ini menurutnya Demokrat fokus menerima pendaftaran untuk calon kepala daerah yang juga melaksanakan Pilkada di Sumbar. Setelah nanti di tingkat daerah, maka akan dibuka untuk tingkat provinsi.

Namun pada prinsipnya Partai Demokrat tetap mendukung Mulyadi. Sementara untuk pendaftaran nanti untuk menjaring koalisi nantinya dengan partai lain.

Dia mengatakan saat ini partai Demokrat terus berusaha membangun komunikasi untuk rencana koalisi. Seperti partai PPP sudah menyatakan keinginannya berkoalisi, kemudian juga ada komunikasi dengan Gerindra, PAN dan lainnya.

"Namun sampai saat ini belum ada yang ditetapkan, proses masih panjang, barangkali seperti itu yang terjadi saat ini," katanya.

Dia mengatakan sekitar bulan April 2020 nanti sudah dapat diketahui siapa yang ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar. Begitu juga dengan partai mana saja menjadi koalisi Demokrat.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Demokrat Sumbar Sikapi Informasi Anggota Pindah Partai Diam-Diam, Kader Membantah
Demokrat Sumbar Sikapi Informasi Anggota Pindah Partai Diam-Diam, Kader Membantah
Serahkan 14 SK Kepengurusan DPC di Sumbar, Partai Demokrat Siap Hadapi Pemilu 2024
Serahkan 14 SK Kepengurusan DPC di Sumbar, Partai Demokrat Siap Hadapi Pemilu 2024
AHY Resmi Lantik Mulyadi Jadi Ketua DPD Demokrat Sumbar, Ini Pesannya
AHY Resmi Lantik Mulyadi Jadi Ketua DPD Demokrat Sumbar, Ini Pesannya
Ikhtiar AHY Hadapi Pilpres 2024 hingga Bangun Komunikasi Politik
Ikhtiar AHY Hadapi Pilpres 2024 hingga Bangun Komunikasi Politik
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Ketua Umum Partai Demokrat, AHY berkemah satu malam di Alahan Panjang, Sumbar.
Berkemah Semalam di Alahan Panjang, AHY Puji Keindahan Alamnya
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: DPD Partai Demokrat berencana akan menggelar musyawarah daerah (musda) dalam waktu dekat ini.
Kata AHY Soal Jadwal Musda dan Peluang Eka Putra Jadi Ketua Demokrat Sumbar