Parpol di Pasbar Dapat Dana Hibah Rp1,63 Miliar dari Pemkab

Langgam.id - Sebanyak 12 Parpol di Pasaman Barat (Pasbar) mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Daerah (Pemkab) senilai Rp1,63 miliar.

Sosialisasi Pembinaan Partai Politik di Pasaman Barat. [Foto: Dok. Pemkab Pasbar]

Langgam.id - Sebanyak 12 Partai Politik (Parpol) di Pasaman Barat (Pasbar) mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Daerah (Pemkab) senilai Rp1,63 miliar.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Pasbar, Risnawanto saat menggelar Sosialisasi Pembinaan Partai Politik di Daerah, Kamis (8/9/2022).

Dikatakan Risnawanto, dana bantuan hibah bagi partai politik di Pasaman Barat senilai Rp 1,63 Miliar. Lalu, Risnawanto berharap, dana bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik mungkin.

"Penggunaan bantuan hibah yang akan diberikan kepada 12 partai politik yang ada di Kabupaten Pasaman Barat menurut jumlah perolehan suara di masing-masing partai. Artinya sesuai porsinya, yaitu 60 persen untuk pelaksanaan pendidikan partai politik dan 40 persen untuk operasional," ujar Risnawanto, Kamis (8/9/2022).

Partai politik, kata Risnawanto, memiliki peran yang sangat penting dan maksimal. Negara yang aman, nyaman dan stabil ditentukan juga oleh partai politiknya, baik secara nasional maupun di daerah.

Pemerintah daerah bersama partai politik, lanjut Risnawanto, bekerjasama dalam membuat program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.

"Kami pemerintah daerah menaruh harapan kepada 12 parpol ini, bergandengan tangan membuat program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Kebersamaan ini adalah penentu stabilitas politik di Kabupaten Pasaman Barat," ucapnya.

Baca juga: Bupati Pasaman Minta 60 Persen Dana Parpol Dialokasikan untuk Pendidikan Politik

Sementara itu, Kabid Budaya Politik Badan Kesbangpol Pasaman Barat, Rafika Ikhtiari menyebutkan, peserta sosialisasi berjumlah 36 orang yang terdiri dari tiga orang masing-masing pengurus partai politik penerima bantuan hibah tahun 2022.

"Narasumber kegiatan ini yaitu dari Inspektorat, BPKD, dan Badan Kesbangpol Pasbar," kata Rafika.

Dapatkan update berita Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mendatangi warga pendemo dari Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, di Masjid Raya Sumatra Barat,
Didatangi Wabup Pasbar, Warga Air Bangis Menolak Pulang Sebelum Ada Solusi
Masyarakat Air Bangis tetap melanjutkan aksi dan tuntutannya walaupun diguyur hujan lebat, Selasa (1/8/2023). Hujan mengguyur Kota Padang
BREAKING NEWS: Warga Air Bangis Lanjutkan Aksi Meski Diguyur Hujan Lebat
Hegemoni Partai Politik dan Krisis Media di Era Mediatisasi Politik
Hegemoni Partai Politik dan Krisis Media di Era Mediatisasi Politik