Pangkas Waktu Transaksi dan Antrian, HK Kurangi Layanan Top up di Gerbang Tol

Pangkas Waktu Transaksi dan Antrian, HK Kurangi Layanan Top up di Gerbang Tol

Gerbang tol Pekanbaru. Hutama Karya mengurangi layanan top up di gerbang tol. (Foto: Dok. Humas HK)

Langgam.id - Pembayaran non-tunai atau uang elektronik (UE) di jalan tol di Indonesia diberlakukan
dengan tujuan untuk memangkas waktu proses transaksi pembayaran di jalan tol hingga
meminimalkan antrian dan kemacetan yang kerap terjadi pada saat pembayaran secara tunai.

Mendukung hal tersebut dan edukasi yang terus dilakukan mengenai kecukupan saldo uang elektronik
sebelum berkendara, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mulai mengurangi layanan top-up
kartu UE secara tunai di seluruh jalan tol yang dikelola, dan perdana di uji coba di Jalan Tol Trans
Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru – Dumai (Permai) secara bertahap.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan
bahwa sejak 20 Oktober 2023, layanan top-up tunai di tol Permai pada Gerbang Tol (GT) Kandis
Utara dan GT Kandis Selatan diubah menjadi layanan non top-up (direct tapping), sehingga layanan
top-up tunai yang semula tersedia di 7 (tujuh) GT, menjadi hanya 5 (lima) GT dan akan terus
dikurangi secara bertahap hingga akhir tahun ini.

“Jika ujicoba ini berhasil di tol Permai, akan kami terapkan juga di ruas tol lainnya. Diharapkan
dengan pengurangan top-up tunai ini, pengguna jalan tol mulai terbiasa untuk mengecek dan mengisi
saldo kartu UE terlebih dahulu sebelum melintas di jalan tol, mengingat layanan top-up tunai ini
hanya layanan penunjang apabila terdapat kartu UE yang kurang saldo,” tutur Tjahjo, Jumat (3/11/2023).

Kedepannya, Hutama Karya akan menghilangkan pilihan layanan top-up tunai di seluruh jaringan
gerbang tol yang dikelola untuk menghindari proses transaksi tunai yang memakan waktu dan
menimbulkan antrian. Selain itu, transisi ini juga dilakukan sebagai dukungan perusahaan menuju
penerapan sistem transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan segera
diujicobakan di beberapa tol di Indonesia.

“Diharapkan seluruh pengguna jalan tol terbiasa dengan aturan ini dan menjadikannya budaya baru,
agar waktu transaksi di jalan tol lebih singkat dan tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan
lainnya. Selain itu kartu UE juga tidak hanya dapat digunakan di jalan tol, tetapi juga pembayaran
transportasi publik lain serta pembelanjaan pribadi lainnya.” tambah Tjahjo.

Pengguna jalan tol dapat melakukan pengisian saldo UE dengan cepat melalui berbagai metode yang
tersedia. Salah satunya melalui aplikasi yang menyajikan layanan dan informasi terkini di jalan tol kelolaan Hutama Karya, yaitu HK Toll Apps, yang dapat diunduh di IOS maupun Android dengan fitur
antara lain informasi saldo UE maupun top up UE, akses CCTV di setiap ruas tol yang dikelola secara
real-time, informasi tarif jalan tol, hingga lokasi rest area berikut dengan fasilitasnya.

Selain itu, isi ulang kartu UE juga dapat dilakukan melalui mobile banking, e-commerce, maupun pengisian di supermarket terdekat.

“Hutama Karya terus mengimbau pengguna jalan tol yang akan melintas untuk mengecek kondisi
fisik dan kecukupan saldo kartu UE sebelum melintas di jalan tol,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP
Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Hutama karya juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara dengan kecepatan
minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali
dalam keadaan darurat. Segera beristirahat di tempat terdekat apabila merasa mengantuk. Apabila
pengguna jalan tol mengalami keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol agar segera
melapor ke Call Centre Tol Pekanbaru - Dumai di 0821-7008-8880. (*/Fs)

Baca Juga

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menegaskan komitmennya terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menunjang strategi perusahaan
HK Komitmen Pengembangan SDM, Direktur Human Capital dan Legal Raih Gelar Doktor
Hutama Karya Infrastruktur berhasil merealisasikan program Tanggung Jawab Sosial danLingkungan (TJSL) senilai Rp2,4 miliar pada tahun 2023.
Bantu Masyarakat, HKI Berhasil Realisasikan Program TJSL senilai Rp2,4 M di 2023
HK Targetkan Tol Trans Sumatra Tahap I Sepanjang 972 Km Rampung Tahun Ini
HK Targetkan Tol Trans Sumatra Tahap I Sepanjang 972 Km Rampung Tahun Ini
PT Hutama Karya Infranstruktur (HKI) pada awal 2024 ini memperoleh sertifikat ISO BIM 19650 1&2:2018 Kitemark dari British Standards
PT Hutama Karya Infranstruktur Raih ISO BIM 19650 1&2:2018 Kitemark
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi 1 Padang-Sicincin
Agar Tol Padang-Sicincin Rampung Juli 2024, Menteri PUPR Instrusikan Tambah Tenaga Kerja
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Lampung
Ditargetkan Fungsional Juli 2024, Progres Kontruksi Tol Padang-Sicincin Capai 47,22 Persen