Pakar Politik Ungkap Faktor Penyebab PSI Bakal Berat Raih Suara di Sumbar

Baliho salah satu caleg PSI di Sumbar

Baliho salah satu caleg PSI di Sumbar. (R)

Langgam.id- Pakar Politik dari Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi menilai Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan berat meraih suara di Sumatra Barat (Sumbar) pada Pemilu 2024. Apalagi untuk mengambil suara pemilih dari generasi Z dan milenial.

Asrinaldi mengungkapkan, tidak ada role model sosok anak muda menjadi salah satu faktor sulitnya PSI meraih suara di Sumbar. Meskipun PSI dinahkodai Kaesang Pangarep sebagai ketua umum.

"Sosok anak muda di PSI (pusat) tidak pengaruh bagi daerah, berbeda. Kalau dilihat potensi di Sumbar ini sebenarnya ada. Tapi kan cuma kita tahu anak-anak muda ini harus ada patronnya bisa membawa dirinya sehingga diikuti anak muda. Nah di Sumbar itu yang tidak punya,” kata Asrinaldi, Rabu (15/11/2023).

Menurut Guru Besar Ilmu Politik Unand itu, PSI Sumbar terpaksa harus bekerja keras pada Pemilu 2024 ini untuk menyakini dan dapat meraih suara dari anak muda. Apalagi, calon legislatif dari PSI banyak yang tidak familiar.

"Artinya anak muda yang menjadi role model untuk mereka ikuti sebagai orang yang bisa memobilisasi suara PSI tidak ada saya lihat. Ini pekerjaan besar PSI sendiri. Kalau di nasional okelah ada Kaesang. Di Sumbar siapa role modelnya? Kalau pun ada (anak muda) malah di partai lain,” ujarnya.

“Kelemahan PSI di Sumbar itu tidak ada role modelnya. Setidaknya ada wali kota atau pejabat publik, tokoh muda yang bisa menjadi role model. Sehingga (suara) anak-anak muda lari ke PSI,” sambung Asrinaldi. (Irwanda)

Baca Juga

[Republikasi] Cek Fakta: Hoaks, Surat Suara Tercoblos di Sampang Sebelum Pemilu 2024
[Republikasi] Cek Fakta: Hoaks, Surat Suara Tercoblos di Sampang Sebelum Pemilu 2024
Sebanyak 11 kepala daerah mengajukan judicial review terhadap ketentuan Pasal 201 Ayat (7), (8) dan (9) Undang-Undang Pilkada Mahkamah
Ketua MK: Jumlah Permohonan PHPU 2024 Meningkat
Pancasila Sumbar Pilkada
PPP, Pemilu 2024 dan Politik Islam
Cerint Iralloza Tasya
Hasil Pileg DPD RI Sumbar, 2 Petahana Kembali ke Senayan
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar
PKS unggul sementara di pemilihan legislatif DPRD Sumbar daerah pemilihan (dapil) 3. Dapil ini meliputi dua daerah yaitu Kabupaten Agam
PKS Jadi Pemenang, Berikut 65 Caleg Terpilih DPRD Sumbar