Padang Timur Targetkan 89 Bank Sampah di Setiap RW

Produksi Sampah Warga Padang Capai 640 Ton Sehari

Petugas kebersihan di Padang mengumpulkan sampah rumah tangga. [Foto: Dok. Langgam.id]

Langgam.id - Camat Padang Timur, Diko Eka Putra, berambisi untuk membangun 89 Bank Sampah di setiap Rukun Warga (RW) dalam kurun waktu 2024.

"Target ini sejalan dengan jumlah RW di Kecamatan Padang Timur," ungkap Diko, dicuplik dari InfoPublik Padang, Sabtu (15/6/2024).

Saat ini, baru terdapat 12 Bank Sampah di wilayahnya, dengan rincian 1 unit di setiap kelurahan dan 1 unit di tingkat kecamatan.

Diko menjelaskan bahwa Padang Timur menghasilkan 65 ton sampah per hari dengan berbagai jenis. Namun, rata-rata sampah yang diolah oleh Bank Sampah hanya berkisar 1-2 ton per bulan.

"Dengan bertambahnya Bank Sampah, diharapkan pengelolaan sampah dapat meningkat dan jumlah sampah yang dibuang ke TPA Air Dingin berkurang," tuturnya.

Lebih dari itu, keberadaan Bank Sampah juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan, terutama bagi ibu rumah tangga.

Para ibu rumah tangga yang menjadi anggota Bank Sampah akan diajarkan untuk memilah sampah rumah tangga dan menyetorkannya ke Bank Sampah. Sampah tersebut kemudian akan dikonversikan menjadi tabungan emas.

"Ini merupakan hasil kerjasama dengan PT Pegadaian melalui program Menabung Emas," imbuhnya.

Diko berharap dengan adanya Bank Sampah di setiap RW, selain menciptakan lingkungan yang bersih, juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat, terutama ibu rumah tangga. (*/Yh)

Tag:

Baca Juga

Olah Sampah jadi Bernilai Ekonomi, Pj Wako Padang Libatkan ODUP
Olah Sampah jadi Bernilai Ekonomi, Pj Wako Padang Libatkan ODUP
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan Frista Masta mengatakan, bahwa pihaknya akan memberlakukan tipiring
Mulai 8 Juli, Pemko Padang Bakal Tipiringkan Pelaku Pembuang Sampah Sembarangan
Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.
Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah
Penjabat (Pj) Kota Padang Andree Algamar bakal menyusun perencanaan pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Teknologi RDF (TPST-RDF).
Pemko Padang Rencanakan Pengelolaan TPST untuk Atasi Permasalahan Sampah
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bak sampah di Kecamatan Pauh, Kota Padang, tak mampu lagi menampung sampah warga.
Padang Tertibkan 62 TPS Liar
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: 660/01/SE/DLH-2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul.
Tangani Sampah Selama Libur Lebaran, Pemprov Kembali Aktifkan TPA Regional Payakumbuh