Padang Tertibkan 62 TPS Liar

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bak sampah di Kecamatan Pauh, Kota Padang, tak mampu lagi menampung sampah warga.

Tumpukan sampah di Jalan Dr Moh Hatta di Kecamatan Pauh, Padang. [foto: Nandito Putra/langgam.id]

Langgam.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah menertibkan sebanyak 62 tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan Kota Padang terbebas dari sampah tetap dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama jajaran. Berdasarkan data

Penertiban TPS liar itu dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang bekerja sama dengan pihak kecamatan, kelurahan, RT/RW, serta warga setempat yang juga punya keinginan sama untuk memastikan lingkungannya terbebas dari sampah.

"Penertiban TPS liar ini kita lakukan secara bersama-sama dengan semua pihak. Dan kalau sudah dibersihkan seperti yang sekarang mari sama-sama kita jaga agar tidak kembali muncul lagi (TPS liar)," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Fadelan Fitra Masta melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan, Syafrizal Syair, di ruang kerjanya, Rabu (5/6/2024), dilansir dari InfoPublik.

Kota Padang, kata dia, sudah memiliki jumlah TPS yang cukup memadai dengan totalnya sebanyak 141 TPS yang tersebar di 11 kecamatan Kota Padang.

"Jumlah itu sebenarnya sudah cukup untuk Kota Padang. Tinggal bagaimana kita sama-sama tertib membuang sampah pada TPS yang sudah ada, sehingga ke depan tidak muncul lagi TPS liar yang dapat merusak lingkungan," katanya.

Tidak hanya ketertiban dalam membuang sampah di TPS yang sudah ada, hal yang tidak kalah penting adalah ketertiban dalam membuang sampah sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

"Jam pembuangan sampah sudah sama-sama kita ketahui, yaitu dari pukul 17.00 WIB sampai dengan 05.00 WIB. Ayo dipatuhi dengan tidak membuang sampah di luar jam yang sudah ditetapkan," ujar Syafrizal,

Dia pun berharap, penerapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dapat memberikan efek jera terhadap oknum pembuang sampah sembarang serta dapat meningkatkan kesadaran warga dalam membuang sampah sesuai dengan tempat dan waktu yang sudah ditetapkan.

"Memang tugas memberikan pemahaman terhadap seluruh warga kita ini adalah tugas bersama. Dan OTT ini tentu diharapkan dapat memberikan efek jera," pungkasnya. (*/Yh)

Tag:

Baca Juga

Penjabat (Pj) Kota Padang Andree Algamar bakal menyusun perencanaan pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Teknologi RDF (TPST-RDF).
Pemko Padang Rencanakan Pengelolaan TPST untuk Atasi Permasalahan Sampah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: 660/01/SE/DLH-2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul.
Tangani Sampah Selama Libur Lebaran, Pemprov Kembali Aktifkan TPA Regional Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Pemko Payakumbuh gelar rapat evaluasi penanganan sampah di Aula Ngalau lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/1/2024).
Kerja Sama dengan Padang Bakal Berakhir, Pemko Payakumbuh Cari Solusi Atasi Sampah
Pemprov Sumbar segera menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota untuk mencari solusi penanganan sampah di sejumlah kota/kabupaten pasca
TPA Payakumbuh Longsor, Pemprov Sumbar Segera Rapat dengan Kabupaten/Kota Cari Solusi
Ini Pendapat Walhi Sumbar Terkait Rencana Pembangunan RDF di Padang
Dampak Longsor di Payakumbuh, Sampah Bukittinggi Ditampung di TPA Air Dingin Padang