Padang Digitalisasi Manuskrip Undang-undang Era Kolonial Belanda

Padang Digitalisasi Manuskrip Undang-undang Era Kolonial Belanda

Sumber: Diskominfo Padang

Langgam.id - Pemko Padang memiliki banyak koleksi 'Staatsblad' atau kumpulan undang-undang maupun ketetapan yang diterbitkan pemerintah kolonial Belanda dulunya. Manuskrip itu masih tersimpan rapi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Agar tidak hilang dan musnah ditelan zaman, dinas terkait mengalihmediakan 'staatsblad' tersebut. Kumpulan peraturan zaman Hindia Belanda itu dijadikan buku digital.

"Saat ini bidang Arsip tengah melakukan scaning terhadap Staatsblad tahun 1905," jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Feri Mulyani Hamid, Minggu (19/5/2024).

Disebutkan Feri Mulyani, saat ini terdapat 100 staatsblad di ruang arsip. Pihaknya tengah mengalihmediakan satu manuskrip.

"Kita tengah mengalihmediakan peraturan lama yang berisi batas wilayah Kota Padang yang ditetapkan Pemerintah Belanda di tahun 1905," jelasnya.

Pelaksanaan alih media menjadi buku digital menggunakan alat scaner cz laser. Sebelumnya dinas ini telah melakukan alih media untuk arsip statis yang bernilai sejarah.

"Dengan mempelajari sejarah masa lalu, maka akan bisa merencanakan masa depan. Staatsblat adalah kumpulan peraturan di masa lalu, tentunya akan bisa menjadi dasar perencanaan masa depan," terangnya. (*/Yh)

Baca Juga

PPDB SD Kota Padang tahun pelajaran 2024/2024 segera akan dibuka. Dalam jadwal yang dirilis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang,
PPDB SD Negeri di Padang Segera Dibuka: Ini Jadwal, Persyaratan dan Cara Daftarnya
Sejumlah SMP negeri di Padang belum terpenuhi daya tampungnya hingga hari ketiga pendaftaran online PPDB jalur zonasi
6 SMP Negeri di Padang Ini Daya Tampungnya Belum Terpenuhi hingga Hari ke-3 Pendaftaran
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMP negeri di Padang melalui jalur zonasi tahap I sudah dimulai pada Kamis ini
PPDB Online SMP Negeri di Padang Tahap I Dimulai, Berikut Daya Tampung Tiap Sekolah
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMP negeri di Padang melalui jalur zonasi tahap I sudah dimulai pada Kamis ini
PPDB SMP Negeri di Padang Dimulai, Diawali Tahapan Pra Pendaftaran Besok
Pemkot Padang Salurkan Bantuan Rp120 Juta untuk Lansia
Pemkot Padang Salurkan Bantuan Rp120 Juta untuk Lansia
Satpol PP Padang akhirnya membongkar bangunan yang berdiri di bawah trafo bertegangan tinggi di Jalan Sutomo, Kecamatan Padang Timur, Rabu (29/5/2024).
Bangunan yang Didirikan di Bawah Trafo Listrik Akhirnya Dibongkar Satpol PP Padang