Ombudsman Sumbar: Pengaduan PPDB Mayoritas Dugaan Pemalsuan Domisili dan Zonasi

PPDB Online Diperpanjang

Kantor Ombudsman Perwakilan Sumbar. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id -  Pengaduan masyarakat terkait masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) Online SMA dan SMK ke Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) mayoritas terkait ugaan pemalsuan surat keterangan domisili dan sistem zonasi. Demikian dikatakan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar Yefri Heriani, Sabtu (11/7/2020).

Hingga Jumat (10/7/2020), menurutnya, telah masuk 79 pengaduan. Pengaduan itu terbagi dua, ada yang berbentuk laporan masyarakat dan ada yang berbentuk konsultasi. "Kalau soal zonasi banyak yang mengadu mengatakan hitungannya salah, mengapa anaknya tidak lulus padahal dekat sedangkan yang lebih jauh bisa lulus," ujarnya.

Baca Juga: Ombudsman Sumbar Terima 79 Pengaduan Soal PPDB Online

Menurut Yefri, terkadang masyarakat tidak tepat saat mengisi data seperti salah ketik, dan salah cara menghitung jarak. Ombudsman juga sudah menindaklanjuti pengaduan tersebut. Ombudsman telah memberikan sejumlah penjelasan terkait permasalahan dan meminta instansi terkait memberikan penjelasan. Ombudsman mengontak Dinas Pendidikan Sumbar dan sekolah-sekolah yang disebutkan.

"Kita sudah kontak dengan pihak terkait untuk memperbaiki, semua pelapor itu nyaris semuanya sudah berhubungan dengan institusi yang telah kita hubungi setelah pelaporan itu," katanya.

Permasalahan tersebut diantaranya terjadi di Kota Padang, dan Padang Panjang dan daerah lainnya. Ombudsman juga akan terus mengkawal pengaduan tersebut. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Ombudsman RI sudah merilis hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik terhadap Pemerintaah Provinsi Sumatra Barat, 19 Pemerintah
Ini Hasil Penilaian Pelayanan Publik 19 Pemda di Sumbar Tahun 2024, Pemkab Solok Nomor 1
Asisten Muda II, Adel Wahidi kini menjabat sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar).
Masa Jabatan Yefni Hariani Berakhir, Adel Wahidi Jadi Pjs Kepala Ombudsman Sumbar
Ombudsman RI sudah merilis hasil penilaian penyelenggaraan pelayanan publik terhadap Pemerintaah Provinsi Sumatra Barat, 19 Pemerintah
18 Kabupaten/Kota di Sumbar Raih Rapor Hijau dari Ombudsman, 1 Daerah Zona Kuning
Sebanyak 329 laporan masyarakat diterima Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu. Jumlah tersebut naik dibandingkan 2022
Ombudsman Sumbar Terima 329 Laporan Masyarakat Sepanjang 2023
Kolom Adel Wahidi.
Ihwal Pemberhentian Perangkat Nagari
Sebanyak 329 laporan masyarakat diterima Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu. Jumlah tersebut naik dibandingkan 2022
Ombudsman Sayangkan Sikap Gubernur Sumbar yang Enggan Temui Warga Air Bangis