Ombudsman Sumbar: Pengaduan PPDB Mayoritas Dugaan Pemalsuan Domisili dan Zonasi

PPDB Online Diperpanjang

Kantor Ombudsman Perwakilan Sumbar. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id -  Pengaduan masyarakat terkait masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) Online SMA dan SMK ke Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) mayoritas terkait ugaan pemalsuan surat keterangan domisili dan sistem zonasi. Demikian dikatakan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar Yefri Heriani, Sabtu (11/7/2020).

Hingga Jumat (10/7/2020), menurutnya, telah masuk 79 pengaduan. Pengaduan itu terbagi dua, ada yang berbentuk laporan masyarakat dan ada yang berbentuk konsultasi. "Kalau soal zonasi banyak yang mengadu mengatakan hitungannya salah, mengapa anaknya tidak lulus padahal dekat sedangkan yang lebih jauh bisa lulus," ujarnya.

Baca Juga: Ombudsman Sumbar Terima 79 Pengaduan Soal PPDB Online

Menurut Yefri, terkadang masyarakat tidak tepat saat mengisi data seperti salah ketik, dan salah cara menghitung jarak. Ombudsman juga sudah menindaklanjuti pengaduan tersebut. Ombudsman telah memberikan sejumlah penjelasan terkait permasalahan dan meminta instansi terkait memberikan penjelasan. Ombudsman mengontak Dinas Pendidikan Sumbar dan sekolah-sekolah yang disebutkan.

"Kita sudah kontak dengan pihak terkait untuk memperbaiki, semua pelapor itu nyaris semuanya sudah berhubungan dengan institusi yang telah kita hubungi setelah pelaporan itu," katanya.

Permasalahan tersebut diantaranya terjadi di Kota Padang, dan Padang Panjang dan daerah lainnya. Ombudsman juga akan terus mengkawal pengaduan tersebut. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat, Adel Wahidi meminta BPJS Kesehatan tuntaskan penyelesaian sengketa pending claim BPJS Kesehatan
Ombudsman Sumbar Minta BPJS Kesehatan Tuntaskan Pending Klaim Rumah Sakit
Ombudsman Sumbar melakukan kunjungan ke RS M Djamil Padang pada Selasa (18/2/2025). Kunjungan Ombudsman Sumbar dalam rangka
Perkuat Sinergi dan Kolaborasi, Ombudsman Sumbar Kunjungi RS M Djamil Padang
Gubernur Sambut Kepala Ombudsman Sumbar yang Baru, Bahas Evaluasi dan Layanan Publik
Gubernur Sambut Kepala Ombudsman Sumbar yang Baru, Bahas Evaluasi dan Layanan Publik
Ketua Ombudsman RI, Muhammad Nadjih melantik Adel Wahidi sebagai Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumbar periode 2025-2030.
Adel Wahidi Dilantik Jadi Kepala Ombudsman Sumbar Periode 2025-2030
Asisten Ombudsman RI Adel Wahidi terpilih sebagai Kepala Ombudsman Sumbar periode 2025-2030.Terpilihnya Adel Wahidi ini disampaikan
Adel Wahidi Terpilih jadi Kepala Ombudsman Sumbar, Bakal Dilantik 3 Februari
Asisten Ombudsman RI Adel Wahidi terpilih sebagai Kepala Ombudsman Sumbar periode 2025-2030.Terpilihnya Adel Wahidi ini disampaikan
Ini Hasil Penilaian Pelayanan Publik 19 Pemda di Sumbar Tahun 2024, Pemkab Solok Nomor 1