Nurani Perempuan Bakal Surati MKD DPR dan Tuntut Andre Rosiade Minta Maaf

Nurani Perempuan Minta Bebaskan NN

Ilustrasi (Foto: Dok. Women Cricis Center Nurani Perempuan Padang)

Langgam.id - Nurani Perempuan Women’s Crisis Center, bakal menyurati Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI atas kasus penggrebekan prostitusi online yang dilakukan anggota DPR RI, Andre Rosiade, bersama pihak kepolisian. Mereka mengganggap, kehadiran Andre dalam penggrebekan itu dianggap tidak sesuai tupoksi.

"Kami akan menyurati MKD terkait penindakan Andre Rosiade yang tidak sesuai dengan tupoksinya sebagai anggota DPR RI Komisi VI. Itu rencana yang akan kami lakukan selanjutnya," kata Plt Direktur Nurani Perempuan Women’s Crisis Center, Rahmi Merry Yenti, Jumat (7/2/2020).

Baca juga : Minta Bebaskan NN, Nurani Perempuan dan Jaringan Galang Petisi

Merry mengatakan, pihaknya juga akan melayangkan surat terbuka kepada Andre Rosiade agar meminta maaf ke publik terkait yang dilakukannya. Apa yang dilakukannya tersebut sangat merendahkan perempuan.

"Kami memberikan surat terbuka untuk Andre Rosiade dan Gerindra. Tuntutan dalam surat itu salah satunya meminta Andre Rosiade meminta maaf ke publik karena merendahkan perempuan," ujarnya.

Nurani Perempuan Women’s Crisis Center akan terus mengawal kasus yang menimpa NN. Bahkan dukungan terus mengalir dari semua jaringan, di antaranya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

"Sekarang kuasa hukum NN dari Lembaga Advokasi Perempuan dan Anak, mereka sepenuhnya mendampingi. Begitupun kami dari semuanya," jelasnya.

Terkait petisi bebas NN, Merry mengatakan, dalam waktu dekat akan diserahkan ke Polda Sumbar. Diharapkan, dengan petisi ini ke depan pihak berwenang harus melakukan penindakan penggrebekan dan lainnya sesuai standar operasional prosedur.

"Tidak asalan. Kalau ada pelaporan, kalau pelapor punya jabatan lalu main langsung, tentu engga bisa. Harus sesuai standar operasional prosedur yang ada. Kami tidak mau tindakan seperti ini terjadi kembali," tuturnya.

Seperti diketahui, pengungkapan kasus prostitusi online ini berawal dari Andre Rosiade yang selaku informan. Pihak kepolisian kemudian menindaklanjuti dan didapat dua orang ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka adalah NN yang merupakan pekerja seks dan AS sebagai muncikari. Keduanya dijerat undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) jo pasal 506 KUHP. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Ketua DPD Partai Gerinda Sumbar, Andre Rosiade menjalani ibadah haji pada tahun ini. Dalam kesempatan ibadah di Tanah Suci ini, Andre
Andre Rosiade Bertemu Witan Sulaeman di Makkah, Nyatakan Dukung Penuh Timnas Indonesia
Anggota DPR RI Komisi VI Andre Rosiade memenuhi janjinya memberikan paket makanan kepada jemaah haji asal Sumatra Barat. Sebanyak 400 paket
Penuhi Janji, Andre Rosiade Bagikan 400 Paket Makanan untuk Jemaah Haji Asal Sumbar
Angota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade meyakini rencana presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menyatukan partai politik
Prabowo Kurban Ratusan Sapi, Andre Rosiade: Rasa Syukur Pemilu Lancar
Persoalan tenda tidak hanya terjadi pada jemaah haji reguler. Jemaah haji yang berangkat lewat jalur furoda VIP juga terpaksa tidur di lorong
Ungkap Maktab VIP Berantakan, Andre Rosiade: Cek Asosiasi Travel Haji Indonesia!
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade menyebutkan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto adalah sosok yang paling konkret
Mahmoud Abbas Puji Prabowo, Andre Rosiade: Paling Konkret untuk Palestina
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade
PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Andre Rosiade