Nasabah PNM dari Medan hingga Bandung Studi Banding ke Usaha Pengrajin Tenun dan Rendang di Sumbar

Langgam.id –  PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan studi banding kepada 5 nasabah Mekaar yang berada pada sektor usaha kerajinan kain dari Medan, Lampung dan Bogor, sedangkan 5 nasabah sektor usaha makanan dari Jakarta, Bandung, dan Cimahi.

Mereka didampingi oleh 2 orang pendamping yaitu PIC PKU Jakarta dan PIC PKU Cimahi yang akan mendampingi nasabah sampai dengan monitoring pasca studi banding yang bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan dalam bidang kerajinan tenun dan sektor usaha makanan yaitu rendang di wilayah Padang pada tanggal 20-21 Desember 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Setyo Nugroho Indartanto, selaku Wakil Pemimpin Cabang Padang PT PNM, Erni Margayanti selaku Senior Specialist Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha, Aswati selaku pemateri dan pemilik usaha rendang Cik Ani, Via selaku narasumber dan pemilik usaha Rakik Clarisa, dan Sutanti sebagai narasumber untuk kerajinan tenun Pandai Sikek.

Untuk PNM sendiri kegiatan ini sebagai sarana PNM dalam memantau perkembangan nasabah atau nasabah naik kelas dan juga menjaga dan meningkatkan loyalitas nasabah dan bisa memberikan kebanggaan menjadi nasabah PNM.

“Pelatihan studi banding ini merupakan salah satu dari tiga modal yaitu modal intelektual yang diberikan oleh PNM bagi nasabahnya. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan social," kata Setyo, Kamis (22/12/2022).

Menurutnya, kegiatan studi banding ini merupakan modal intelektual berupa pelatihan pendampingan dari program Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha.

"Diharapkan nasabah yang diundang dapat meningkatkan pola bisnis yang ada disini untuk di imlementasikan di daerahnya," ujar Setyo.

Pada hari pertama seluruh peserta studi banding diajak melakukan kunjungan usaha kepada pengusaha tenun Pandai Sikek, yaitu ke tempat usaha milik Sutanti. Seluruh peserta belajar dan praktek menggunakan alat tenun tradisional dan bertukar informasi terkait bahan baku yang digunakan untuk menenun seperti kain, benang, motif serta belajar bagaimana cara memasarkan kain tenun agar laku dipasaran.

Selain itu, seluruh peserta juga diajak berkunjung ke usaha Rakik Clarisa yang berada di Harau, Payakumbuh, mereka belajar bagaimana proses membuat keripik dengan cara higienis dan mengemas dengan lebih menarik untuk menarik konsumen.

Lalu, terakhir nasabah diajak berkunjung ke usaha rendang Cik Ani, belajar bagaimana proses produksi rendang asli dari Padang untuk meningkatkan daya jual diwilayahnya masing-masing nanti dan juga belajar cara pemasaran.

Sebagai penutup, salah satu nasabah PNM Jakarta yaitu Titania melalui wawancara ia mengatakan senang dengan program studi banding yang diselenggarakan PNM tersebut.

"Saya senang sekali dengan program studi banding dari PNM, saya jadi banyak ilmu terutama di bidang usaha makanan, karena saya sendiri memiliki usaha jenis makanan, sehingga kami bisa berkembang dan memenuhi kebutuhan dapur kami dan bisa berbagi ilmu nantinya ditempat kami. Terimakasih dan sukses terus PNM” katanya.

Sebagai informasi, hingga 30 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 162,9 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,5 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.504 kantor layanan PNM Mekaar dan 638 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Community Leaders Padang Dorong Insan PNM Berkualitas untuk Mendukung UMKM Indonesia Naik Kelas
Community Leaders Padang Dorong Insan PNM Berkualitas untuk Mendukung UMKM Indonesia Naik Kelas
Pengembangan Koperasi dan UMKM, PNM Teken Kerjasama dengan Pemprov Sumbar
Pengembangan Koperasi dan UMKM, PNM Teken Kerjasama dengan Pemprov Sumbar
PNM Raih Penghargaan TOP Digital Corporate Brand Award 2022
PNM Raih Penghargaan TOP Digital Corporate Brand Award 2022
Satu Tahun Holding UMi, Tingkatkan Kesejahteraan dan Percepat Inklusi Keuangan
Satu Tahun Holding UMi, Tingkatkan Kesejahteraan dan Percepat Inklusi Keuangan
Dorong Produk UMKM Naik Kelas, PNM Gelar Talkshow 'Ibu Mekaar Sehat, Keluarga Sejahtera'
Dorong Produk UMKM Naik Kelas, PNM Gelar Talkshow 'Ibu Mekaar Sehat, Keluarga Sejahtera'
Pelatihan PNM
PNM Gelar Pelatihan untuk Nasabah Ultra Mikro Hingga Dapat NIB