Musrenbang Kecamatan, Bupati Pessel: Usulkan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Gelar Safari Ramadan, Bupati Pesisir Selatan Terima Aduan Jalan Rusak

Dokumentasi Bupati Rusma Yul Anwar menghadiri Musrenbang di Kecamatan Lengayang.

Berita Pesisir Selatan - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Musrenbang Kecamatan, Bupati Pessel: Usulkan Sesuai Kebutuhan Masyarakat.

Langgam.id - Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tengah berlangsung di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) awal Maret ini.

Bupati Rusma Yul Anwar menegaskan, usulan pembangunan yang disampaikan mulai tingkat nagari hingga kecamatan, harus sesuai kebutuhan masyarakat. "Usulan pembangunan harus berdasarkan kebutuhan riil masyarakat," kata Rusma, Jumat (4/3/2022).

Pernyataan yang sama juga disampaikan saat menghadiri Murenbang di Kecamatan Lengayang dan Ranah Pesisir. Musrenbang dihadiri oleh wali nagari, tokoh masyarakat, tokoh agama dan stakeholder terkait.

Musrenbang tingkat kecamatan, katanya, diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat terkait kebutuhannya di tahun mendatang. Dengan begitu, pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran.

Disampaikan Bupati, kelayakan usulan kegiatan dari tingkat nagari akan diverifikasi di tiap tingkatan. Baik itu secara teknis, maupun kewenangan.

Proses verifikasi akan menghasilkan daftar usulan kegiatan. Selanjutnya usulan dibawa ke tingkat forum perangkat daerah guna sinkronisasi dan verifikasi kelayakan lebih lanjut.

"Musrenbang bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas. Atau istilah sekarang bottom-up," kata Bupati.

Sisi lain, Bupati menyampaikan, guru mengaji dan guru TK yang belum terakomodir oleh dana nagari akan dimasukan dalam daftar penerima bantuan langsung tunai (BLT).

Baca juga: Pesisir Selatan Matangkan Konsep Progul Layanan Kesehatan Gratis

Bupati juga mengingatkan wali nagari agar melakukan pemutakhiran data sekali sebulan melalui aplikasi Aplikasi Basis Data Pessel Dalam Genggaman. Tujuannya, agar dapat dilihat perkembangan kondisi dan kebutuhan masyarakat tiap nagari.

Dapatkan update berita Pesisir Selatan – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar