Musim Panen Sawit, BI Proyeksi Ekonomi Sumbar Tumbuh 5,4 Persen

Ekonomi Sumbar 2019 Terburuk

Ilutrasi pertumbuhan ekonomi.(Foto: faisalbasri.com)

Langgam.id – Bank Indonesia memproyeksikan laju pertumbuhan ekonomi Sumatra Barat pada kuartal ketiga tahun ini bisa tumbuh hingga 5,4 persen, didorong perkiraan meningkatnya ekspor.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A menyebutkan pertumbuhan ekonomi daerah itu diperkirakan tumbuh di kisaran 5,0 – 5,4 persen pada kuartal ketiga tahun ini. Sebelumnya, pada kuartal kedua, ekonomi Sumbar hanya tumbuh 5,02 persen dan di kuartal pertama hanya 4,80 persen.

“Perkiraan kami lebih baik. Ekonomi Sumbar di kuartal III diproyeksikan terus meningkat pada level 5,0 hingga 5,4 persen year on year,” katanya, Senin (7/10).

Ia menuturkan salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi itu adalah prediksi pertumbuhan ekspor yang juga meningkat menjadi 8,9 persen – 9,3 persen, disebabkan masuknya masa panen kelapa sawit.

Untuk diketahui, sawit masih menjadi andalan ekspor Sumbar yang kontribusinya terhadap total ekspor daerah itu di atas 60 persen.

Selain itu, perkembangan harga komoditas cruid palm oil (CPO) atau minyak sawit tersebut juga menunjukkan tren perbaikan yang berkontribusi meningkatkan pendapatan petani.

Wahyu menyebutkan prospek ekonomi daerah itu juga membaik didorong semakin terjaganya inflasi karena permintaan masyarakat kembali normal setelah momen Ramadan dan Idul Fitri serta Idul Adha.

Termasuk juga meningkatnya realisasi belanja anggaran pemerintah dan belanja infrastruktur di penghujung tahun.

Dampaknya, lapangan usaha di sektor pertanian, industri pengolahan, dan konstruksi akan terdorong tumbuh positif dengan meningkatnya realisasi belanja modal pemerintah dalam pembangunan infrastruktur.

Kemudian, normalisasi permintaan setelah peringatan hari besar, juga memberikan dampak positif ke sektor perdagangan dan transportasi.

BI memprediksi sektor pertanian bakal tumbuh 2,9 – 3,3 persen, industri pengolahan tumbuh 3,7 – 3,9 persen, kontruksi tumbuh 8,6 – 9,0 persen, perdagangan tumbuh 6,2 – 6,6 persen, dan transportasi tumbuh 4,8 – 5,4 persen.

Baca Juga

Padang masuk ke dalam delapan kota di Indonesia menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati masa tua. Hal itu berdasarkan survei GoodStats
Triwulan I/2024: BPS Catat Ekonomi Sumbar Tumbuh 4,37 Persen, Masih di Bawah Nasional
Pohon Enau, Peluang Ekonomi Baru di Sumatera Barat
Pohon Enau, Peluang Ekonomi Baru di Sumatera Barat
Memperingati Hari Bumi, WALHI dan Ford Foundation Dorong Ekonomi Nusantara untuk Pulihkan Indonesia
Memperingati Hari Bumi, WALHI dan Ford Foundation Dorong Ekonomi Nusantara untuk Pulihkan Indonesia
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wahyu Wibawa mengungkap beberapa alasan yang menentukan tingkat adopsi varietas padi di
Tahun Lalu Ekonomi Sumbar Hanya 4,62 Persen, BI Sarankan 3 Kunci Dongkrak Pertumbuhan
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BI mencatat, terjadi perlambatan pertumbuhan perekonomian Sumbar selama delapan tahun terakhir.
BI Proyeksikan Ekonomi Sumbar Bisa Tumbuh 5,31 Persen Tahun Ini
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023