Menkopolhukam Dikabarkan Akan Pimpin Upacara Hari Bela Negara di Museum PDRI

menkopolhukam-dikabarkan-akan-pimpin-upacara-hari-bela-negara-di-museum-pdri

Menko Polhukam, Mahfud MD [Foto: polkam.go.id]

Langgam.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dikabarkan akan pimpin upacara puncak peringatan Hari Bela Negara di Museum PDRI Koto Tinggi, Senin (19/13/2022).

Rencana kedatangan Menkopolhukam ke Limapuluh Kota terungkap saat rapat bersama di kantor bupati setempat. Camat Gunuang Omeh Rifki juga menyampaikan hal serupa saat diwawancara usai menutup kegiatan napak tilas PDRI, di Koto Tinggi, Selasa (13/12/2022).

"Benar. Kita akan dikunjungi Menkopolhukam pada saat apel Bela Negara tanggal 19 Desember besok," kata Rifki sembari menyebut Mahfud akan tiba di Padang pada Sabtu (18/12/2022), dan malamnya akan tiba di Koto Tinggi.

Peringatan hari Bela Negara sendiri ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keppres No. 28 Tahun 2006. Hari bersejarah tersebut ditetapkan pada tanggal 19 Desember 1948, bertepatan dengan deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara.

Koto Tinggi memiliki keterikatan yang amat dalam selama periode PDRI. Penjelasan Rifki, pada saat Agresi Militer Belanda ke II, Soekarno Hatta ditawan oleh Belanda.

"Oleh karena itu, melalui mandat lewat kawat, didirikanlah PDRI dengan pusatnya di Koto Tinggi ini," kata Rifki.

Lanjutnya, ini berarti menunjukkan kontribusi masyarakat Koto Tinggi dan pejuang saat itu, dalam menjaga eksistensi Kemerdekaan NKRI.

Ia berharap peringatan apel Bela Begara ini nantinya menjadi pembelajaran untuk generasi penerus. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat perjuangan. Oleh karena itu sejarah bangsa, khususnya PDRI harus selalu diingat oleh generasi penerus," tutur Rifki.

Baca Juga: Napak Tilas Festival PDRI 2022 Berakhir di Monumen PDRI Koto Tinggi

Selain Camat Gunuang Omeh, kabar kedatangan Menkopolhukam ke Koto Tinggi juga dibenarkan oleh Wali Nagari Koto Tinggi Insanul Rijal. "Sesuai hasil rapat kemarin di kantor Bupati Limapuluh Kota Senin lalu, memang, Pak Mahfud MD yang akan jadi pimpinan upacara," tutur Insanul. (Dharma Harisa)

Tag:

Baca Juga

Jokowi mengatakan, bahwa akibat bencana banjir bandang yang melanda Sumbar beberap waktu lalu, menyebabkan 625 rumah warga mengalami
159 Rumah di Sumbar Rusak Berat Akibat Banjir, Jokowi: Ada 100-an Sudah Setuju Relokasi
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
PPDB SMA, SMK dan SLB tahun 2024 di Sumbar akan segera dibuka. Dilansir dari situs Dinas Pendidikan Sumbar, PPDB SMS, SMK dan SLB ini
Segera Dibuka, Berikut Jadwal PPDB SMA, SMK dan SLB di Sumbar Tahun 2024
Departemen TIP Fateta Unand Latih Masyarakat Koto Malintang dalam Pengolahan Pala, Kayu Manis, dan Ikan
Departemen TIP Fateta Unand Latih Masyarakat Koto Malintang dalam Pengolahan Pala, Kayu Manis, dan Ikan
Gubernur Mahyeldi : Kunjungan Presiden, Angin Segar untuk Percepatan Penanganan Bencana di Sumbar
Gubernur Mahyeldi : Kunjungan Presiden, Angin Segar untuk Percepatan Penanganan Bencana di Sumbar
Menteri Sosial Minta Dapur Umum di Posko Batu Taba Dioptimalkan
Menteri Sosial Minta Dapur Umum di Posko Batu Taba Dioptimalkan