Mengenal Kampung Belanda Garut, Spot Wisata Ikonik di Jawa Barat

Mengenal Kampung Belanda Garut, Spot Wisata Ikonik di Jawa Barat

Warga dan kebun di Kampung Belanda Garut. [Foto: Harapan Rakyat]

Langgam.id - Pecinta traveling layak mengenal spot wisata ikonik di Jawa Barat ini. Namanya Kampung Belanda Garut, terdapat saluran air raksasa dan kambing bule di sana.

Pernahkah mengunjungi Kampung Belanda Garut? Jika belum, pastikan pecinta traveling mengagendakan liburan saat akhir pekan ataupun musim liburan tiba. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di tempat wisata itu.

Kampung Belanda Garut terkenal dengan sebutan Kampung Amsterdam. Dikutip dari harapanrakyat.com, sesuai dengan namanya, tempat wisata ini memungkinkan pengunjung bertemu penduduk setempat yang wajahnya blasteran. Penduduk setempat juga ramah dan sopan kepada wisatawan yang datang.

Menjelajahi wisata Garut ini, pengunjung bisa menemukan beragam spot unik. Salah satunya saluran air berukuran raksasa. Saluran tersebut mempunyai panjang 300 meter dengan fungsi untuk mengairi lahan perkebunan di sekitarnya dan memasok kebutuhan air warga.

Selain menyajikan saluran air raksasa yang unik, tempat wisata itu juga menawarkan view alam mempesona dan menyejukkan mata. Hawa udara di sekitarnya segar khas pegunungan.

Semakin menarik untuk dikunjungi karena di Kampung Belanda itu terdapat area peternakan kambing. Penduduk setempat menyebut ternak tersebut sebagai kambing bule. Hal ini menambah keunikan dan daya tarik Kampung Belanda sehingga sayang apabila melewatkan begitu saja.

Sebagai salah satu tempat wisata ikonik yang ada di Garut, Kampung Belanda memiliki fasilitas lengkap dan memadai. Salah satunya, fasilitas beristirahat berupa homestay. Homestay yang disediakan sangat beragam. Beberapa diantaranya ada saung pohon dan saung berdesain perahu Titanic.

Untuk menemukan tempat istirahat ini juga termasuk mudah. Hal ini karena kawasannya berada dalam area perkebunan teh Dayeuh Manggung. Karena lokasinya berada satu kawasan dengan perkebunan, jelas menambah kekhasan tersendiri. Pengunjung pun bisa beristirahat secara tenang dan nyaman.

Lokasi wisata itu ada di kaki Gunung Cikuray, Kecamatan Cilawu. Apabila menempuh perjalanan dari pusat Kota Garut, maka hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 19 km untuk bisa sampai kekawasan wisata itu.

Lokasi Kampung Belanda terbilang strategis sehingga tidak perlu bingung ataupun khawatir ketika ingin menyambanginya. Menariknya lagi, kawasan wisata Kampung Belanda memiliki area parkir yang luas sehingga bisa memanfaatkannya secara optimal.

Segi keamanan juga terjaga dengan baik sehingga tidak perlu cemas apabila harus memarkirkan kendaraan dalam waktu lama. Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi desa wisata, pastikan datang ke Kampung Amsterdam ini.

Baca Juga: Kembangkan Surau dan Sasaran Sebagai Subjek Wisata, Film “Ke Surau, Aku Kembali” Mulai Diproduksi

Dari review di atas, bisa lebih mengenal tempat wisata itu. Mulai dari fasilitas, lokasi, hal menarik, dan beragam informasi lainnya. Jangan ragu mengajak keluarga, sahabat, maupun pasangan untuk berkunjung ke Kampung Belanda di Kabupaten Garut Jawa Barat.

Tag:

Baca Juga

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengunjungi rumah kelahiran Wali Kota Padang ke-2 yang juga merupakan pahlawan nasional, Bagindo Aziz Chan yang berada di Alang Laweh, Padang.
Pj Wako Padang Kunjungi Rumah Kelahiran Bagindo Aziz Chan di Alang Laweh
Baliho Audy Joinaldy Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) mulai muncul di sejumlah titik jalanan di Kota Padang. Baliho itu memakai
Usai Mahyeldi dan Vasco Duet, Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar
Prinsip Kekeluargaan dalam Bisnis Kaum Muda Minangkabau
Prinsip Kekeluargaan dalam Bisnis Kaum Muda Minangkabau
Presiden Joko Widodo melantik Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan
Dilantik Jadi Wamen Investasi, Yuliot Tanjung Merupakan Putra Asli Padang Panjang
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang
Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek