Ratapan Rosmaini, Korban Kebakaran Pasar Lubuk Alung

korban kebakaran pasar Lubuk Alung

Rosnaini menceritakan pilunya pasca kebakaran Pasar Lubuk Alung (Irwanda/RC)

Langgam.id - Sebanyak 150 kios pedagang di Pasar Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) ludes terbakar Kamis (11/7/209) malam. Deraian air mata pedagang yang menjadi korban peristiwa hebat itu turut membanjiri puing-puing bangunan yang dilahap si jago merah sekitar pukul 21.00 WIB.

Salah satunya Rosmaini. Dengan wajah lesu, perempuan 40 tahun itu memandang kios yang selama menjadi tempat mencari nafkah, kini rata dengan tanah.

Sembari terisak, Rosmaini mengadukan nasibnya kepada awak media yang berada di lokasi kebakaran saat peliputan. "Habis semua, tak ada yang tersisa," kalimat ini terus saja diucapkannya kepada langgam.id, Jumat (12/7/2019).

Selama ini, Rosmaini sudah puluhan tahun berjualan khusus pakaian sekolah. Ia memiliki dua kios di Pasar Lubuk Alung. Kebakaran itu seperti mimpi buruk yang sama sekali tidak pernah dibayangkannya.

Tak satu pun barang dagangan yang bisa terselamatkan. Padahal, Ia mengorder pakaian sekolah karena memasuki tahun ajaran baru. Niat hati mencari untung, namun nasib malah berkata lain.

"Kios saya isinya pakaian sekolah lengkap. Habis semua jadi arang. Dua minggu lalu, saya baru belanja banyak karena ajaran baru sekolah ini. Tapi habis semua, habi," katanya tersedu.

Saat kebakaran, kios milik Rosmaini sedang dalam keadaan tertutup. Namun, ia sendiri masih berada di kawasan Pasar Lubuk Alung untuk berbelanja kelengkapan dapur.

Rosmaini mengaku melihat api saat masih belum terlalu besar. Ia pun bergegas ke rumah untuk mengambil kunci kios.

"Pulang ambil kunci ke rumah dan balik lagi ke Pasar, api malah sudah membesar. Habis, nak. Kena kios ibu, tak ada yang tersisa," katanya.

Hingga kini, kebakaran yang melanda Pasar Lubuk Alung masih dalan penyelidikan pihak kepolisian. Personel Inafis Polda Sumbar terus melakukan olah tempat kejadia perkara.

Menurut Kapolsek Lubuk Alung, AKP Edi Karan, kerugian kebakaran Pasar Lubuk Alung ditaksir mencapai Rp2 miliar. Pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut.

"Tentu menunggu hasil laboratorium keluar dalam dua minggu kedepan. Hingga kini kami baru hanya bisa memberikan keterangan itu dan dalam kasus ini sebanyak tiga orang saksi telah diperiksa," katanya. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Damkar Padang melakukan pemeriksaan kelengkapan alat proteksi kebakaran di sembilan pasar di ibu kota Sumatra Barat ini. Pemeriksaan tersebut
Mulai Hari Ini, Damkar Padang Periksa Kelengkapan Alat Proteksi Kebakaran di 9 Pasar
Kebakaran hebat melanda kawasan Blok A Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (7/5) sekitar pukul 13.44 WIB. Kobaran api masih
Blok A Pasar Raya Padang Terbakar, Api Berkobar Hebat
Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Wali Nagari Diduga Pelaku Asusila Sesama Jenis di Padang Pariaman Akhirnya Mengundurkan Diri
Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Kantor Wali Nagari di Padang Pariaman Disegel Warga, Buntut Dugaan Asusila Sesama Jenis
Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam