Mendarat di Muaro Bungo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Kunjungi Dharmasraya

Mendarat di Muaro Bungo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Kunjungi Dharmasraya

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dijemput Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. (Foto: Humas Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id - Kepala Staf Kepresidenan (KSP Jenderal (Purn) Moeldoko berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat. Moeldoko mendarat di Bandara Muaro Bungo, Jambi yang berbatas dengan Dharmasraya, Minggu (27/10/2019) sore.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjemput kedatangan Moeldoko ke Muaro Bungo. "Pak Moeldoko akan menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin besok di Dharmasraya," katanya kepada wartawan.

Sebelumnya, pada Minggu malam, KSP terlebih dahulu akan mengikuti temu ramah dengan tokoh-tokoh masyarakat rumah dinas bupati. "Besok seusai upacara, beliau dijadwalkan bertemu petani dan mengikuti panen ikan lubuk larangan di Kampung Surau, sebagai bentuk kearifan lokal masyarakat dalam menjaga lingkungan," kata bupati.

Sebelumnya, Moeldoko sempat dijadwalkan menghadiri kegiatan "Arung Pamalayu" yang telah digelar pada September 2019 lalu di Batang Hari dan Komplek Candi Pulau Sawah. Saat itu, ia batal berkunjung karena keperluan mendesak di Jakarta.

Siaran pers Humas Pemkab Dharmasraya yang diterima langgam.id menyebutkan, seusai memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor bupati, Moeldoko dijawalkan menghadiri acara penyerahan kartu tani kepada petani Dharmasraya di auditorium.

Sekitar pukul 10.30 WIB pada Senin, KSP bersama meresmikan panen raya lubuk larangan di Kampung Surau, Nagari Lubuk Selasih. Dari Lubuk Selasih, rombongan KSP akan bertolak ke Piruko, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung. Disana KSP akan bertemu para petani dan dharapkan juga berdialog dengan warga tani di sana.

Bupati Sutan Riska menyebutkan, kedatangan KSP ke Kabupaten Dharmasraya adalah untuk memastikan bahwa komunikasi Pemkab Dharmasraya dengan pemerintah pusat tetap terjalin dengan baik. Komunikasi itu diharapkan akan diikuti dengan masuknya berbagai kegiatan pusat di Kabupaen Dharmasraya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Dharmasraya tahun ini seiring dengan rangkaian Festival Pamalayu. Festival ini digelar sejak 22 Agustus 2019 hingga 7 Januari nanti.

Seiring dengan kedatangan Moeldoko dan peringatan hari Sumpah Pemuda, puluhan jurnalis dari media yang berkantor di Padang dan Jakarta juga sedang mengikuti "trip jurnalis" di Dharmasraya.

Para jurnalis itu mengikuti "Workshop Heritage" bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan para raja di Dharmasraya. Mereka kemudian, mengunjungi berbagai peninggalan kuno Kerajaan Malayu Dharmasraya maupun beberapa kerajaan yang masih hidup hingga kini. (*/SS)

Baca Juga

Kepala Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3APPKB) Dharmasraya, Martin Efendi
Tinjau Lokasi Banjir di Koto Salak dan Padukuan, Kadis Sosial Dharmasraya Serahkan Bantuan
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3PPKB) Dharmasraya menggelar kegiatan
Dinas Sosial Dharmasraya Gelar Monev dan Pembinaan Fasyankes 2024
Sekda Dharmasraya, Adlisman membuka acara Lomba Sumbang Duo Baleh Tingkat Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium
Lestarikan Adat Istiadat Minangkabau, Pemkab Dharmasraya Gelar Lomba Sumbang Duo Baleh
Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, akan menerima dana desa tahun anggaran 2024 sebesar Rp889.912.000. Hal ini diungkapkan Wali
Nagari Sungai Rumbai Akan Terima Dana Desa 2024 Senilai Rp889.912.000
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan meresmikan Masjid Ar Rahman yang berada di Jorong Pasar Baru, Nagari Sungai Rumbai, Jumat
Bupati Dharmasraya Resmikan Masjid Ar Rahman di Nagari Sungai Rumbai
Pemkab Dharmasraya telah meresmikan pasar kuliner sebagai wadah untuk meningkat UMKM masyarakat di Kabupaten Dharmasraya.
Pemkab Dharmasraya Resmikan Pasar Kuliner di Nagari Tiumang