LP2M UIN IB Padang Lakukan Perjanjian Kerjasama dengan UIN Sunang Gunung Djati Bandung

Langgam.id  - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang lakukan Benchmarking dan Memorandum of Agreement (perjanjian kerjasama) bersama LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Cibiru, Kota Bandung.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalin kerjasama konkret lintas kelembagaan tentang kolaborasi penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakoni oleh dosen dan mahasiswa antar isntitusi tersebut.

Perjanjian kerjasama ini diikuti oleh pimpinan LP2M, panitia KKN serta staf pengelola penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat antar dua perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIN) pada Kamis-Jumat (10-11/11/2022).

Ketua LP2M UIN Imam Bonjol Padang Dra. Hulwati, M.Si, Ph.D mengatakan, Benchmarking ini bertujuan merajut kerjasama konkret yang terdokumentasikan bersama LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Ini merupakan langkah awal pengembangan wadah penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa,” katanya.

Senada dengan itu, Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr. Husnul Qodim, M.A,  mengamini hal yang disampaikan oleh Ketua LP2M UIN IB Padang. Ia mengatakan, kolaborasi ini penting dilakukan untuk penguatan kompetensi dan wadah bagi civitas akademika.

“Jika ini terlaksana dengan baik maka akan berdampak pada ketangguhan dan kemandirian masyarakat,” tuturnya.

Dari pertemuan yang dilangsung dalam dua hari tersebut, disepakati bahwa kolaborasi dari  Benchmarking yang tertuang pada perjanjian kerjasama, yaitu pertama, Program Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Meliputi, pertukaran naskah jurnal atau artikel ilmiah antar institusi, pelibatan reviewer dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Litapdimas), pelibatan reviewer dalam penulisan jurnal.

Kemudian, penelitian dan penulisan karya ilmiah bersama antar dosen dan mahasiswa, penerjemahan dan penerbitan buku bersama, serta kolaborasi penelitian.

Kedua, yaitu Program Pengabdian kepada Masyarakat. Yaitu, pengabdian kepada masyarakat bersama antar dosen dan mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif, Desa/Nagari Mitra Kolaboratif, Sekolah/Madrasah Mitra Kolaboratif.

Selanjutnya ketiga, Program Studi Gender dan Anak. Yaitu, kolaborasi performa penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah berperspektif gender dan perlindungan anak.

Kemudian, kolaborasi pengembangan kurikulum berperspektif gender dan kolaborasi kajian untuk melahirkan sentra pelayanan dan advokasi.

Lalu yang keempat, Program Penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yaitu, forum ilmiah seperti lokakarya, seminar, symposium dan workshop serta Benchmarking antar lembaga.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

UIN Imam Bonjol Padang Gelar Pelatihan Enterpreneurship
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Pelatihan Enterpreneurship
Langgam.id - Pengurus Iluni UIN IB Padang bergerak cepat membantu penuntasan kasus dugaan pelecehan seksual di lingkungan kampus.
Sikapi Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Kampus, Iluni UIN IB Padang Bentuk Tim Pencari Fakta
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar acara Dies Natalis ke-56 dengan menampilkan tema Berkolaborasi Menuju Unggul
Dies Natalis ke-56, UIN IB Padang Gelar Rapat Senat Terbuka
UIN Imam Bonjol Padang menerima kunjungan dan lakukan Momerendum of Understanding (MoU) dengan STAIN Majene
UIN Imam Bonjol Padang dan STAIN Majene Tandatangani MoU  
Sebanyak 28 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang mengikuti asesmen
28 ASN UIN IB Padang Ikuti Asesmen Kompetensi
Dalam rangka Dies Natalis ke-56, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang laksanakan Seminar Nasional yang mengusung tema
Peringati Dies Natalis ke-56, UIN IB Padang Gelar Seminar Nasional