Longsor di Kabupaten Solok, Ribuan Warga Terisolasi

Longsor menimbun badan jalan di Kabupaten Solok

Longsor menimbun badan jalan di Kabupaten Solok. (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Bencana longsor kembali menerjang wilayah Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (19/2/2020). Setidaknya, terdapat tiga titik yang terdampak longsor dan bahkan ribuan warga terancam terisolasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok mencatat, tiga titik wilayah terdampak longsor di antaranya Nagari Aia Luo di Kecamatan Payung Sekaki. Material longsor menimbun badan jalan sehingga akses jalan tertutup.

"Tebing longsor menimbun badan jalan sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan. 1.300 warga di Nagari Aia Luo terancam terisolasi," ujar Kepala BPBD Kabupaten Solok Armen, Rabu (19/2/2020).

Selanjutnya, kata Armen, longsor juga dilaporkan menimbun ruas jalan dari Supayang menuju Sirukam. Tingginya material yang menumpuk membuat akses jalan terputus.

"Tapi sekarang jalan sudah bisa dilalui karena material longsor telah dibersihkan," katanya.

Armen mengungkapkan satu unit jembatan di Jorong Lubuk Rasam, Nagari Surian juga dilaporkan roboh. Akibatnya, jalan penghubung dari dan menuju daerah itu terputus total.

"Di Jorong Lubuk Rasam ini, 75 kepala keluarga dengan 100 jiwa terancam terisolasi juga," jelasnya.

Dari ketiga titik bencana tersebut, hanya akses jalan Supayang menuju Sirukam yang sudah teratasi. Sementara dua wilayah lainnya masih dalam upaya pembersihan material. (*/Irwanda/ICA)

Baca Juga

Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Longsor di Kajai, Pasbar, empat orang terjebak karena akses jalan terputus.
Jalan Nasional Kerinci - Padang Putus
Sebanyak tujuh ruas jalan di Sumbar terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada 11 Mei lalu. Tidak itu saja, terdapat 46
BPJN: 7 Ruas Jalan di Sumbar Terdampak Banjir Bandang dan Longsor, Ini Rinciannya
Ruas jalan Malalak akhirnya sudah bisa kembali dilalui secara normal pada Selasa siang (14/5/2024) usai dilanda longsor beberapa
Sempat Buka Tutup Dampak Longsor, Jalur Malalak Kini Kembali Normal
Kondisi jalan parah Nagari Sariak Sungai abu
Jalan Penghubung Talang Bungo Sariak Sungai Abu Makin Parah, Apa Solusi Pemerintah?
Longsor di Sitinjau Lauik: Ada Pengendara Terhempas Longsor ke Jurang
Longsor di Sitinjau Lauik: Ada Pengendara Terhempas Longsor ke Jurang, Lalu Lintas Padang - Solok Masih Lumpuh