Longsor di Agam Hantam 3 Rumah Warga

Longsor batang sani

Ilustrasi longsor. (pixabay.com)

Langgam.id - Akibat curah hujan tinggi di sebagian wilayah kabupaten Agam, mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Jorong Palupuh, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Selasa (2/4/2019) sore.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Agam, Wahyu Bestari mengatakan akibat longsor ada tiga rumah warga yang terkena material longsor.

Material longsor masuk ke dua buah rumah warga hingga menutup halaman rumah di jalan kampuang Tabuah-tabuah, Nagari Pasia Laweh.

"Satu rumah lagi yang agak merusak dekat kantor camat, material mengenai dinding rumah milik Yanti Lintas di Jorong Palupuh Nagari Pasia Laweh," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan longsor tidak mengakibatkan korban jiwa, namun mengakibatkan kerugian materil.

"Alhamdulillah kalau korban jiwa tidak ada, korban materil ada. Besaran nilai kerugian masih dalam perhitungan tim saat ini," kata Wahyu.

Selain menimpa rumah warga, material longsor juga menutupi akses jalan di kampuang Tabuah-tabuah, Nagari Pasia Laweh sepanjang sekitar 50 meter, dengan ketinggian material antara 30-50 sentimeter. Namun akses jalan masih bisa dilewati kendaraan dengan ekstra hati-hati.

Saat ini petugas masih melakukan pembersihan material secara manual. Menurut Wahyu hambatan dalam pembersihan material karena jalan lebih kecil sehingga alat berat tidak bisa masuk.

"Kemungkinan pembersihan akan memakan waktu agak panjang, karena material yang tebal. Kalau aktivitas warga sudah mulai lancar, tapi kita tetap ingin akses jalan segera normal kembali," kata Wahyu.

Menurut Wahyu rencananya petugas akan melakukan pengerasan dan menutup dengan material untuk pemadatan.

"Ada keinginan dari kami untuk menutup saja jalan itu, jadi kami anggap saja jalan itu naik, jadi kami lakukan saja pengerasan dan pemadatan," ujarnya. (Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Kemenag RI mengajak dan mengimbau agar seluruh masyarakat ikut Salat Gaib untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Kemenag Imbau Masyarakat Salat Gaib untuk Korban Gempa Cianjur, ASN Galang Donasi
Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.
Sejak 14 November, 29 Bencana Alam Terjadi di Agam
Jalur Sicincin-Malalak Belum Bisa Dilewati, Target Pembersihan Longsor 2 Minggu
Sempat Putus Total, Jalur Padang-Solok Sudah Bisa Dilalui
BPBD Padang Terima 23 Laporan Setelah Hujan Seharian Rabu, Terbanyak Pohon Tumbang
BPBD Padang Terima 23 Laporan Setelah Hujan Seharian Rabu, Terbanyak Pohon Tumbang
Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.
2 Titik Longsor di Sitinjau Lauik Lumpuhkan Jalur Padang-Solok
Langgam.id - Longsor dilaporkan terjadi di Jorong Arikia, Nagari Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam hari ini, Rabu (16/11/2022).
Longsor di Arikia Tanjung Raya Agam: Terjang Rumah Warga, Timbun Sawah dan 24 Orang Diungsikan