Lokasi Razia dalam Operasi Patuh 2020 di Kota Pariaman akan Berpindah-pindah

Razia di Kota Pariaman

Kasat Lantas Polres Pariaman, Iptu M Sugindo (Foto: http://pariaman.sumbar.polri.go.id/)

Langgam.id - Pihak kepolisian akan melakukan razia secara mobile di beberapa ruas jalan di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) saat Operasi Patuh Singgalang 2020. Sebanyak 44 personel polantas dari polres setempat dilibatkan dalam operasi tersebut.

Kasat Lantas Polres Pariaman, Iptu M Sugindo mengatakan, pihaknya tidak menentukan titik pasti dalam penindakan razia kendaraan. Namun ada beberapa ruas jalan yang menjadi prioritas dalam ketertiban lalu lintas itu.

"Contoh di simpang kampung pondok, simpang tabuik, wilayah objek wisata pantai dan lainnya. Kami mobile melakukan razia di lokasi tersebut," ujar Sugindo saat dihubungi Langgam.id, Kamis (23/7/2020).

Ia menegaskan, penindakan bagi pengendara diprioritaskan bagi pelanggaran yang menyebabkan fatalitas kecelakaan. Seperti penggunaan sepeda motor bonceng tiga, tidak pakai helm hingga ugal-ugalan dalam berkendara.

"Secara umumnya pelanggaran kasat mata (ditindak). Terkait surat menyurat tidak terlalu fokus, tapi kalau misalnya pelanggaran kasat mata ditemukan dan tidak memiliki surat-surat tentu tetap ditindak," tegasnya.

Baca Juga: Operasi Patuh Singgalang 2020, Polres Bukittinggi Fokus Razia di Jalan Protokol

Dikatakan Sugindo, hingga saat ini, angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Kota Pariaman dalam semester pertama tahun 2020 terdapat sebanyak 57 kasus. Dari puluhan kasus itu, enam pengendara dinyatakan meninggal dunia.

"Rata-rata hampir semuanya dari kejadian kecelakaan melibatkan pengendara sepeda motor, sekitar 75 persen. Kalau dibandingkan angka kecelakaan semester pertama tahun ini menurun dibandingkan semester kedua di tahun 2019," jelasnya.

Baca Juga: Polres Padang Panjang Gelar Operasi Patuh Singgalang Besok, Ini Lokasi Razianya

Ia berharap dengan dilaksanakan operasi kali ini dapat menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Masyarakat diminta untuk selalu mematuhi aturan dalam berkendara.

"Dengan demikian, diharapkan masyarakat semakin tertib berlalu lintas, baik untuk keselamatan dirinya dan pengguna jalan lain," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023