Lebaran Kali Ini Pesisir Selatan Tutup Kawasan Wisata

wisata zona

Jalan di Kawasan Wisata Terpadu Mandeh, Pesisir Selatan (Foto: MC Pesisir Selatan)

Langgam.id - Kawasan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan dipastikan tidak boleh beraktifitas di lebaran tahun 2020 ini. Pelarangan itu dituangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dari Surat Bupati nomor 100/51/GTC-V/2020 tentang pelarangan aktifitas wisata selama Pandemi Covid-19 guna memutua rantai penyebaran Covid 19.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo, menjelaskan pelarangan itu juga disebabkan masih dalam waktu Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) yang masih berlaku hingga 29 Mei 2020 nanti.

"Kita memberitahukan kepada masyarakat maupun wisatawan yang akan berkunjung ke Pesisir Selatan bahwa untuk tahun ini tidak ada aktifitas wisata seperti lebaran sebelumnya," ujarnya, tempo hari.

Hadi Susilo menagatakan, selama PSBB maka tidak ada aktifitas keramaian baik itu ditempat hiburan atau lokasi wisata. Edaran itu telah disampaikan kepada pemilik dan pengelola kawasan wisata dan para agen penjalanan wisata khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Penutupan ini guna memutus rantai penyebaran Covid 19 selama PSBB,jika ada warga yang tidak mematuhi maka saksi yang akan ditetapkan akan tegas. Sebab Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tidak ingin ada kasus baru positof Covid 19.

"Nanti kita akan koordinasikan dengan pihak terkait . Karena kita yakin kedepannya pasti adanya masyarakat yang membandel tetap beraktifitas walaupun dimasa PSBB di lebaran nantinya," ujarnya

Hadi juga berharap kerjasama semua pihak agar tetap mematuhi aturan yang ada baik itu dari masyarakat, pemilik jasa perjalanan wisata (travel), penginapan, perahu dan pelaku usaha pariwisata lainnya. Hal ini bertujuan agar penyebaran kasus Covid-19 bisa dihambat.

Seperti diketahui setiap lebaran kawasan wisata yang ada di Pesisir Selatan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Beberapa kawasan yang ramai dikunjungi adalah Kawasan Mandeh, Pantai Carocok Painan, Jembatan Akar,Air. Terjun Bayang Sani atau kawasan lainnya yang ada di nagari .

"Kita berharap adanya kerjasama semua pihak, apalagi perbatasan baik perbatasan Padang - Tarusan maupun Tapan - Sungai Penuh diperketat guna tidak adanya orang luar daerah masuk ke Pesisir Selatan guna memutus rantai Covid-19," pungkasnya. (Rls/Osh)

Baca Juga

Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).
Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan pengawasan terhadap produk makanan, minuman dan parsel di pusat perbelanjaan Transmart Padang, Jumat (5/4/2024)
Ramai Warga Belanja Jelang Lebaran, Mahyeldi: Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Keutuhan Kemasan
Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim Randang Lokan Pesisir Selatan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia.
Randang Lokan Pesisir Selatan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya