Lapas Muaro Padang Rehabilitasi 320 Pecandu Narkoba

Penyelundupan Narkoba di Lapas Muaro Padang Berhasil Digagalkan

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Muaro Padang (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Muaro Padang, Sumatra Barat (Sumbar) melakukan program rehabilitasi medis dan sosial pada 320 orang napi kasus penyalahgunaan narkoba, Rabu (20/1/2021).

"Melalui program ini kita harapkan para napi jika bebas nanti memiliki bekal keterampilan sehingga dapat kembali produktif," kata Kepala Kanwilkumham Sumbar, R Andhika Dwiprasetya, sebagaimana dikutip dari situs resmi Info Publik Padang.

Sementara itu, Kepala Lapas Muaro Padang, Era Wiharja mengatakan, peserta yang ikut rehabilitasi ini adalah mantan pecandu narkoba yang sudah mendekati masa akhir hukuman.

Selain keterampilan, napi juga diberikan pembekalan rohani sehingga mereka benar-benar dapat menyadari kesalahan dan tidak mengulangi lagi.

"Rehabilitasi sosial kita lakukan dengan memberi mereka bekal ketrampilan serta siraman pengetahuan agama. Sementara rehabilitas medis kita melibatkan dokter guna memberikan perawatan serta terapi agar mereka benar-benar bebas dari kecanduan narkoba," papar Era.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josra Maidi. Ia meminta peran serta seluruh masyarakat agar dapat menerima dan membantu mengembalikan fungsi sosial para pecandu yang telah bebas.(*/Ela)

Baca Juga

Tim Gabungan Geledah Lapas Padang, Ini yang Ditemukan
Tim Gabungan Geledah Lapas Padang, Ini yang Ditemukan
Langgam.id - Sel Narapidana (Napi) berinisial AS yang diduga mengendalikan peredaran ganja 55 kilogram di Pasaman Barat diasingkan.
Sel Napi yang Diduga Kendali 55 Kilogram Ganja di Pasaman Barat Diasingkan
128 Warga Rutan Padang Dapat Remisi
128 Warga Rutan Padang Dapat Remisi
Penyelundupan Narkoba di Lapas Muaro Padang Berhasil Digagalkan
Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Muaro Padang Dapat Fasilitas Video Call
128 Petugas dan Pegawai Lapas Padang Jalani Tes Urine
128 Petugas dan Pegawai Lapas Padang Jalani Tes Urine
Nagari Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, akan menerima dana desa tahun anggaran 2024 sebesar Rp889.912.000. Hal ini diungkapkan Wali
Nagari Sungai Rumbai Akan Terima Dana Desa 2024 Senilai Rp889.912.000