Kunjungan Wisatawan Asing ke Sumbar Berkurang karena Ancaman Bencana

Kunjungan Wisatawan Asing ke Sumbar Berkurang karena Ancaman Bencana

Wagub Nasrul Abit saat memberi sambutan. (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Langgam.id - Kunjungan wisatawan asing ke Sumatra Barat (Sumbar) menurun 4,41 persen dari 58.876 kunjungan pada 2017 menjadi 54.369 kunjungan selama 2018.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar itu disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit pada Rapat Koordinasi Peran serta Lembaga dalam Penanggulangan Bencana Tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2019 di Aula Kantor Gubernur, Kamis (14/2/2019).

"(Ini) dari akibat rasa ketakutan dan kekuatiran akibat ancaman bencana," kata Wagub sebagaimana dilansir siaran pers Humas Pemprov Sumbar.

Wagub mengatakan, Sumbar merupakan supermarketnya bencana. Hal ini menimbulkan semacam rasa ketidakamanan untuk berkunjung.

"Hal ini juga membuat ancaman pertumbuhan industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta UMKM yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Sumbar," kata Nasrul.

Meski demikian, ujar Wagub, bagaimanapun hal itu harus bisa diantisipasi dengan cara mengurangi risiko yang ditimbulkan bencana. "Karena itu butuh dukungan dari berbagai pihak," ujar Wagub.

Ia mengatakan, Bali yang sudah dikenal sebagai tempat wisata dunia, juga memiliki banyak ancaman bencana, termasuk bencana gempa dan tsunami. Namun desinasi wisata Bali masih diminati oleh manca negara.

"Kita bisa belajar dari Provinsi Bali. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan daerahnya, perlu melibatkan sektor swasta dalam hal sertifikasi bangunan, dengan mengfungsikan bangunannya sebagai shelter evakuasi, seperti hotel, mall, gedung perkantoran dan gedung-gedung bertingkat lainya," jelasnya.

Selanjutnya, Wagub berharap, industri pariwisata Sumbar dapat terus tumbuh seiring dengan meningkatnya kesiapsiagaan masyarakat yang menciptakan rasa aman dan kepercayaan bagi wisatawan untuk berkunjung di Sumatera Barat.

Hadir pada acara Rakor tersebut Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Ketua PHRI dan pemilik Hotel dan pengelola restoran, Kepala BPBD Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota se Sumbar dan undangan lainnya yang berjumlah 120 orang. (HR)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Lima desa wisata Sumatra Barat (Sumbar) berhasil menjadi yang terbaik pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar
Profil 5 Desa Wisata Sumbar yang Raih Prestasi Membanggakan di ADWI 2023
Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Sumbar akan menggelar Festival Danau Maninjau-Kelok 44 (FestDaMa-Kelok 44) tahun 2023
Festival Danau Maninjau-Kelok 44 Bakal Digelar 16-18 September, Ini Rangkaian Kegiatannya
Bencana longsor terjadi di Dusun Sinabak, Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sabtu (12/8/2023).
Longsor Landa Siberut Selatan Mentawai, Akses Jalan Desa Terputus
Sebanyak 120 pemotor dari berbagai penjuru nusantara mengikuti Touring Merdeka Big Max Indonesia bertajuk Explore Sumatra pada Jumat
Ratusan Pemotor dari Berbagai Penjuru Nusantara Jelajahi Wisata Sumbar
Bagi anda yang ingin berlibur di Sumatra Barat (Sumbar) pada Agustus 2023 nanti, ada banyak beragam iven pariwisata yang digelar pada
Berlibur di Sumbar, Ini Event Wisata yang Bisa Disaksikan di Agustus 2023
Sebuah panti asuhan dihantam longsor pasca hujan lebat melanda Kota Padang, Jumat (14/7/2023). Longsor itu menyebabkan bangunan yang dipakai
Dihantam Longsor, Panti Asuhan di Batang Arau Ini Butuh Pakaian dan Kasur Untuk Anak