KPK Datangi Nagari Kamang Hilia Agam, Ini Tujuannya

Langgam.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Rabu (26/10/2022).

Perwakilan KPK, Friesmount Wongso (kanan) bersama Bupati Agam, Andri Warman (kiri). [Foto: Dok. AmcNews]

Langgam.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Rabu (26/10/2022).

Kedatangan Komisi Antirasuah ke Nagaari Kang Hilia itu bertujuan untuk penilaian desa atau nagari antikorupsi tahun 2022. Kamang Hilia merupakan perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) untuk penilaian tersebut.

Friesmount Wongso perwakilan KPK menyebutkan, penilaian ini dilakukan setelah beberapa tahapan bimbingan yang dilakukan beberapa kementerian. "Kini kita monitoring untuk mengevaluasi administrasi. Bahkan, berkas Nagari Kamang Hilia terbanyak kita temui selama penilaian,” ujar Friesmount dikutip dari AmcNews, Kamis (27/10/2022).

Namun, kata Friesmount, berkas itu harus punya arti implementasi di tengah masyarakat, dalam menjadikan Kamang Hilia bebas dari korupsi.

Lalu, dikatakan Friesmount, percontohan desa atau nagari antikorupsi, ada 5 indikator dan 18 sub indikator. "Jika Kamang Hilia layak jadi percontohan desa atau nagari antikorupsi, tentu menjadi rujukan bagi daerah lain, khususnya di Sumbar," ungkapnya.

Apalagi, sebut Friesmount, Kamang Hilia merupakan satu-satunya percontohan nagari antikorupsi di Sumbar. "Dari penilaian ini dapat mewujudkan Nagari Kamang Hilia yang profesional, transparan dan akuntabel. Berawal dari desa kita wujudkan Indonesia bebas korupsi,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman mengaku optimis Kamang Hilia memperoleh hasil terbaik yang akan dijadikan sebagai desa atau nagari percontohan antikorupsi. "Kita berharap launching desa atau nagari antikorupsi nanti dilaksanakan di Nagari Kamang Hilia,” ujarnya.

Baca juga: Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo, Ini Penjelasan Mantan Jubir KPK Febri Diansyah

Nagari Kamang Hilia, kata Andri, diharapkan jadi contoh bagi nagari lain, khususnya di Kabupaten Agam,dalam memenuhi indikator nagari antikorupsi. "Semoga lahir nagari antikorupsi lain di Kabupaten Agam,” katanya.

Baca Juga

Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam
Minta Pengusaha Bayarkan THR, Disnakerin Padang Buka Posko Pengaduan
Pemkab Agam Masih Kaji THR untuk THL
Rotasi dan Promosi 117 Pejabat Agam Jelang Pilkada 2024
Rotasi dan Promosi 117 Pejabat Agam Jelang Pilkada 2024