Kopi, Coklat dan Bumbu Randang Dipastikan Ikut Pameran di Norwegia

Langgam.id - Pemprov Sumbar memastikan Kopi, Coklat dan Bumbu Randang ikut dalam Pameran Pariwisata dan Kukiner di Norwegia tahun 2023.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat bertemu Emmy Jorgensen dan rombongan dari Norwegia. [Foto: Dok. Pemprov Sumbar]

Langgam.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) memastikan Kopi, Coklat dan Bumbu Randang ikut dalam Pameran Pariwisata dan Kukiner di Norwegia tahun 2023.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat menerima kunjungan Emmy Jorgensen dari Norwegia, Minggu (9/10/2022) malam.

Menurut Mahyeldi, selain tiga komoditas tersebut, juga sedang diupayakan komoditas lain bisa ikut dalam pameran di luar negeri tersebut.

"Kita akan siapkan apa saja persyaratannya, termasuk mengirim sampel-sampelnya. Ini suatu kesempatan luar biasa yang ditawarkan Norwegia melalui Buk Emmy Jorgensen berkoordinasi dengan dinas terkait. Ini berkah yang harus kita manfaatkan, termasuk juga kita akan koordinasikan dengan Minang Diaspora," ujar Mahyeldi, Senin (10/10/2022).

Sementara itu, Emmy Jorgensen perwakilan Nowegia yang merupakan keturunan orang Minangkabau sala Pariaman itu juga turut membahas terkait promosi wisata Minangkabau di Norwegia.

Kemudian, menurut Emmy, saat ini juga ada program membuka rumah Makan Padang di Norwegia dan negara lainnya di skandinavia dan eropa secara umum.

"Terutama sejak lagu nasi padang oleh Audun Kvitland tenar pada 2017, rasa ingin tahu tentang nasi padang dan Minangkabau secara umum sangat tinggi. Namun informasi tentang itu masih sangat minim," ucapnya.

Lalu, sebagai orang Minangkabau, Emmy mengaku sangat ingin mempromosikan Minangkabau di kancah Internasional.

"Setiap produk yang kita tawarkan di sana bakal dilengkapi QR code. Jadi, setiap orang Norwegia tanya tentang Padang, Sumbar atau Minangkabau, bisa langsung mengetahuinya melalui QR code itu," paparnya.

Lalu, Emmy mengaku juga sedang mempersiapkan untuk membangun rumah makan padang di Norwegia, termasuk menyediakan menu nasi padang di berbagai restoran di Norwegia.

Baca juga: Setelah Jerman, Sekarang Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh Jajal Pasar Norwegia

Tidak hanya itu, Emmy juga mengajak serta tim pembuat film tentang nasi padang, Sumbar dan Minangkabau. Film tersebut akan mengambil scenes di beberapa lokasi di Sumbar dan nantinya akan ditayangkan di 160 sekolah di Norwegia.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Kopi tidak hanya bermanfaat menjadi penyemangat pagi, tetapi juga baik untuk kesehatan wajah. Kafein dan asam klorogenat (CGA)
Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Wajah
Siang Ini, Agamjua Dibungkus Aroma Kopi, Supardi: Kopi Bisa Mengubah Sejarah
Siang Ini, Agamjua Dibungkus Aroma Kopi, Supardi: Kopi Bisa Mengubah Sejarah
Langgam.id - Satu ton bumbu Randang diekspor ke Jerman, dan dapat izin kirim setelah menjalani kurasi hampir enam bulan.
1 Ton Bumbu Randang Diekspor ke Jerman
BNSP dan LSP Kopi Indonesia Gelar Sertifikasi Barista di Padang, Bisa Daftar Online
BNSP dan LSP Kopi Indonesia Gelar Sertifikasi Barista di Padang, Bisa Daftar Online
Wagub Sumbar Lepas Ekspor Kopi dari Solok Selatan ke Jepang
Wagub Sumbar Lepas Ekspor Kopi dari Solok Selatan ke Jepang
Ekspor dari Sumbar ke Jepang, Petani Sebut Prospek Komoditas Kopi Menjanjikan
Ekspor dari Sumbar ke Jepang, Petani Sebut Prospek Komoditas Kopi Menjanjikan