Komitmen Genjot Publikasi Internasional, Unand Gelar Scopus Camp 5

Komitmen Genjot Publikasi Internasional, Unand Gelar Scopus Camp 5

Foto bersama peserta scopus camp series 5 Universitas Andalas. (Foto: Dok. Panitia)

Langgam.id - Universitas Andalas (UNAND) kembali menggelar Scopus Camp series 5 pada 27-29 Oktober 2023 lalu di ZHM Premiere Hotel sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan kualitas dan juga kuantitas publikasi internasional kampus UNAND.

Scopus Camp series 5 ini mendukung tema “Developing Research Ideas and Writing for Publication”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada dosen dan mahasiswa UNAND yang ingin menulis dan menerbitkan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus.

Scopus Camp series 5 diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa berbagai fakultas dan program studi di UNAND. Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber yang ahli di bidang penulisan ilmiah, seperti Prof. Ir. Siti Nurmaini, MT, PhD dari Universitas Sriwijaya, Prof. Amirul Mukminin, PhD dari Universitas Jambi, Prof. Dr. Abdul Rohman, S.F., M.Si., Apt. dari Universitas Gadjah Mada, dan Prof. Dr. Ir. Dian Fiantis, M.Sc  dari Universitas Andalas.

Dalam Scopus Camp series 5 ini, para peserta mendapatkan materi tentang tips dan strategi publikasi di Jurnal Internasional bereputasi, cara menyusun IMRAD (Introduction, Methods, Results, Analysis, and Discussion) yang eye-cathing dan power full untuk artikel dibidang ilmu social humaniora dan artikel dibidang eksakta.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan tips dan trik mencari jurnal yang sesuai scope bidang keilmuan untuk mengirimkan artikel mereka, dan cara merespon editor dan reviewer. Para peserta juga mendapatkan materi tentang bagaimana menggunakan tools dan alat berbasiskan kecerdasan buatan (AI) dalam mempermudah dan meningkatkan kualitas paper yang mereka tulis. 

Selama tiga hari, para peserta juga mendapatkan bimbingan one to one dari narasumber dan pendamping yang berpengalaman. Setiap peserta diminta untuk membawa draft artikel ilmiah yang sudah mereka siapkan sebelumnya dan mengembangkannya sesuai dengan materi yang telah diberikan.

Lampiran Gambar
Ketua LPPM Unand Dr. Ing Uyung Gatot S Dinata membuka scopus camp series 5. (Foto: Dok. Panitia)

Scopus Camp series 5 ini sejalan dengan visi Unand untuk menjadi perguruan tinggi unggul di tingkat nasional dan internasional yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan kesejahteraan masyarakat.

Dr. Ns. Rika Sarfika, S.Kep., M.Kep, Ketua Panitia, menyatakan bahwa Scopus Camp series 5 ini memungkinkan banyaknya artikel yang akan di submit ke jurnal internasional terindeks scopus dapat melebihi target awal dikarenakan adanya beberapa peserta yang dapat menghasilkan luaran lebih dari satu paper.

"Kegiatan Scopus Camp ini juga telah menghasilkan dampak positif dalam mengurangi jumlah dosen UNAND yang tidak memiliki Scopus ID secara Signifikan yang akan meningkatkan ranking UNAND di tingkat internasional," katanya, dalam keterangan resmi.

Ketua LPPM UNAND, Dr. -Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T menyampaikan hasil tulisan peserta pada scopus camp ini akan menjadi kebanggaan UNAND dan menjadi rujukan dan referensi penelitian baru di dunia secara tidak langsung membuat UNAND dapat mengubah dunia.

"Hasil tulisan peserta pada scopus camp ini akan menjadi rujukan penelitian baru di dunia, dan secara tidak langsung juga menjadi kebanggaan UNAND," katanya. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Menyorot Fenomena Korean Wave di Indonesia
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Halal Bihalal Bersama Anak Panti Asuhan, Ketua LK2S Ny. Genny Apresiasi DWP Dinsos Padang
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Bank Nagari Klaim Selama Libur Lebaran Layanan Perbankan Berjalan Baik dan Lancar
Amazing Grace Production dan Yayasan Rumah Film Indonesia (YARFI) bekerja sama dengan BNN RI sedang mempromosikan film baru
Film Start Up Never Give Up Segera Tayang di Bioskop, Ricky Yanuarfi: Mantan Pecandu Berpeluang Sukses
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan