Knalpot Tersumbat, Kapal Antar Pulau di Mentawai Batal Berlayar

Kapal Antar Pulau di Mentawai

KMP. Bakkat Menuang yang bersandar di Dermaga Tuapeijat (Foto: Humas Pemkab Mentawai)

Langgam.id - Kapal antar pulau, KLM Nade 220 yang berangat menuju Siberut-Saibi-Sirilogui dan Sikabaluan kembali ke pelabuhan Tuapeijat setelah berlayar selama 15 menit. Kapal tersebut batal berangkat karena mengalami penyumbatan knalpot (pembuangan arang), Selasa (28/1/2020).

Diketahui, kapal itu berangkat pukul 08.00 WIB dari Dermaga Tuapeijat, sekira sampai di depan Pantai Jati, kapal itu mengalami mati mesin dan mengapung. Diperkirakan, selama 2,5 jam kapal tersebut baru dapat kembali bersandar di Dermaga Tuapeijat, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan, Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Amrial menyebutkan, Kapal Nade milik Pemkab Mentawai itu sebenarnya dalam masa perbaikan, dan sedang dilakukan uji coba pelayaran.

“Kemarin malam sudah ada tanda kerusakan namun sudah diperbaiki dan bisa jalan. Tadi sudah kita perbaiki kembali,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Rabu (29/1/2020).

Menurut Amrial, pelayaran yang membawa 60 penumpang itu sebenarnya sudah dilakukan uji coba pelayaran. Namun, ternyata kembali mengalami kerusakan.

“Kita sudah menemukan penyebab kerusakan kapal tersebut, dan semestinya kapal itu Februari 2020 akan docking (perbaikan dan perawatan kapal),” jelasnya.

Akibat adanya kerusakan kapal itu, Dinas Perhubungan Mentawai mengalihkan penumpang ke KMP. Bakkat Menuang, untuk bisa kembali melanjutkan perjalanan.

“Penumpang tidak perlu cemas. Kita saat ini hanya mengatisipasi ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM),” katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Langgam.id - Pemkab Kepulauan Mentawai meminta MV Mentawai Fast gratiskan membawa produk UMKM dan masyarakat yang sakit.
Pemkab Minta Mentawai Fast Gratiskan Bawa Produk UMKM dan Masyarakat yang Sakit
Langgam.id - Kapal MV Mentawai Fast kini hadir untuk moda transportasi antar pulau di Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).
Percepat Jarak Tempuh, Mentawai Fast Kini Layani Rute Antar Pulau
kapal penyeberangan
Pemprov Sumbar Bakal Tambah 4 Kapal Penyeberangan Roro Padang-Mentawai
Penumpang Kapal Padang-Mentawai Meningkat 20 Persen Jelang Nataru
Penumpang Kapal Padang-Mentawai Meningkat 20 Persen Jelang Nataru
Pulau Sirandah Tawarkan Paket Isolasi Mandiri
Pulau Sirandah Tawarkan Paket Isolasi Mandiri
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor