Kloter 2 Padang Mendarat, 393 Jemaah dari 5 Kabupaten dan Kota di Sumbar

Kloter 2 Padang Mendarat, 393 Jemaah dari 5 Kabupaten dan Kota di Sumbar

Kloter 2 Padang saat sampai di Bandara Internasional Minangkabau. (Foto: Prokopim Pemko Pariaman)

Langgam.id - Kelompok terbang (kloter) 2 jemaah haji debarkasi Padang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (17/7/2022) malam. Sebanyak 393 jemaah di kloter ini berasal dari lima kabupaten dan kota di Sumatra Barat (Sumbar).

Situs resmi Kantor Wilayah (kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar merilis, para jemaah tersebut terdiri dari laki-laki 150 orang dan perempuan 243 orang. Jemaah kloter ini berasal dari Bukittinggi (113 orang), Tanah Datar (111 orang), Padang Pariaman (97), Kota Pariaman (54 orang) dan Kota Padang (12 orang). Selain itu, juga 4 petugas kloter dan 2 petugas haji daerah (PHD).

Setelah jemaah mendarat, Kakanwil Kemenag Sumbar H Helmi selaku Ketua PPIH Debarkasi Padang resmi melepas jemaah haji Kloter 2 Padang pada pemerintah daerah kabupaten/ kota yang datang menyambut pada Minggu (17/7/2022) dini hari.

Baca Juga: Pertama Pulang, Jemaah Haji Kloter 1 Padang Mendarat di BIM

H Helmi berharap, setelah kembali ke Tanah Air, para jemaah haji Sumbar dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, meningkatkan kesalehan sosial serta meningkatkan kecintaan terhadap Tanah Air.

Secara simbolik, kakanwil menerima bendera merah putih dari ketua kloter 2, kemudian menyerahkannya kepada Wakil Wali Kota Pariaman Mardison, salah satu perwakilan dari unsur pemerintah daerah.

Mardison yang menyambut jemaah di tangga pesawat menyalami para jemaah satu persatu dan mengucapkan selamat datang. "Selamat datang para jemaah haji di Tanah Air. Semoga pulang dengan predikat haji mabrur," katanya.

Menurutnya, sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Pariaman, semua jemaah haji asal Kota Pariaman sehat dan lengkap sesuai jumlah keberangkatan.

Setelah penyerahan resmi dari kakanwil, rombongan jemaah haji Pariaman berangkat dengan dua bus menuju Kota Pariaman. Wawako mengiringi bus jemaah sampai ke balai kota. (*)

Baca Juga

Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Berikut Rincian Rencana Perjalanan Haji Tahun 2024
Berikut Rincian Rencana Perjalanan Haji Tahun 2024
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
Pemerintah Republik Indonesia (RI) bersama Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan perhajian (Ta'limatul Hajj)
Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji di 2024, Menag: Terbesar Sepanjang Sejarah 
Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan Arab Saudi tahun 1445H/2024M sudah dimulai. Seleksi ini dilaksanakan secara
Seleksi Petugas Haji 2024 Dimulai, Cek Syarat dan Kuota Sumbar
Langgam.id - Belasan Jemaah Haji asal Indonsia dilaporkan positif Covid-19 usai Tes Antigen setina di Debarkasi sejak 15 Juli 2022.
Komisi VIII dan Kemenag Sepakati Rerata BPIH 2024 Rp93,4 Juta