Ketua Umum IATTA Sumbar Sarankan TdS 2021 Dibatalkan

Ketua Umum IATTA Sumbar Sarankan TdS 2021 Dibatalkan

Para pembalap melewati lintasan di kawasan Tugu Ayam, Kabupaten Solok (Foto: Tim Media TdS 2019)

Langgam.id - Ketua Umum Indonesia Adventure Travel dan Trade Association (IATTA) Sumatra Barat Zurizul menyarankan ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak dibatalkan. Ada beberapa alasan menurut Zurizul, salah satunya penolakan beberapa daerah untuk dilibatkan dalam ajang itu.

"Saya sebagai Ketua Umum IATTA Sumbar menyangsikan ketika tetap digelar, beberapa daerah yang di lewati menolak daerahnya dilewati karna sensitivitas Covid yang meracuni alam bawah sadar masyarakat," kata Zurizul kepada langgam.id, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Agam Putuskan Tidak Ikut TdS Tahun Ini

Dia mengatakan, penyelenggaraan TdS di tengah pendemi Covid-19 ini juga akan melukai hati masyarakat. Ditambah lagi, ada klausa tentang bencana dalam kontrak penyelenggaraan TdS.

"Apalagi ada peserta dari Cina, ini akan heboh lagi. Kemungkinan untuk dibatalkan itu karena ada klausa bencana di kontrak. Dengan anggaran Rp7 miliar sangat melukai hati masyarakat yang berimbas ke pemimpi-pemimpin kita juga," ujarnya.

Selain itu, pengunjung atau penonton yang juga akan sulit diawasi. Kondisi itu dikhawatirkan menambah penyebaran Covid-19 dan merugikan pariwisata Sumbar.

"Tour de Singkarak bukan hanya membawa peserta tapi kita tidak tahu official yang banyak walau mereka negatif tapi bisa saja di tubuhnya membawa varian baru dan cluster baru," kata dia.

Sebelumnya, Tour de Singkarak (TdS) direncanakan tetap akan diselenggarakan walau pandemi masih bersemi. Namun, TdS tahun 2021 ini sedikit berbeda dibanding perhelatan tahun-tahun sebelumnya.

Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan, pelaksanaan TdS 2021 akan menerapkan protokol kesehatan dengan sistem bubble.

“Pelaksanaan TdS ini kita rencanakan terselenggara pada bulan Oktober mendatang dengan rute hanya 5 etape saja. Penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, mulai dari kedatangan peserta baik dari luar maupun dalam negeri, saat perlombaan, dan juga saat meninggalkan sumbar. Permerintah juga sudah sepakat dengan PB ISSI untuk memasukan Singkarak Grand Fondo 2 etape dalam TdS,” kata Novrial, Kamis (19/8/2021). (Mg Ilhas)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, TdS Connecting Sumatra batal lagi dan direncanakan 2023.
Masih Was-was Pandemi, TdS Connecting Sumatra Batal Digelar Tahun Ini
Langgam.id-TdS 2021
Dana TdS 2021 Sudah Terpakai Meski Iven Batal, Dispar: Belum Dihitung Jumlahnya
Langgam.id-TdS 2021
TdS 2021 Batal, Dispar Sumbar Kirim Surat ke PB ISSI dan Kemenparekraf
Tak Dapat Rekomendasi, Tour de Singkarak 2021 Dibatalkan
Tak Dapat Rekomendasi, Tour de Singkarak 2021 Dibatalkan
Langgam.id-TdS 2021
Persiapan Terus Berjalan, Kepastian TdS 2021 Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19
Langgam.id-Tour de Singkarak
Masih Pandemi, Pemko Padang Batalkan Keikutsertaan di TdS 2021